Bromo Masih Erupsi, Bagaimana Nasib Jasa Penerbangan?

Gunung Bromo
Sumber :
  • ANTARA/Ari Bowo Sucipto
VIVA.co.id
Jadwal Bandara Juanda Terganggu karena Perbaikan Landasan
- Status Gunung Bromo hingga saat ini masih siaga satu. Aktivitasnya tidak terprediksi. Kondisi tersebut sewaktu-waktu bisa mengganggu angkutan penumpang yang menggunakan jasa penerbangan pada musim libur Natal dan Tahun Baru kali ini.

Bromo Erupsi, Bandara Abdulrachman Saleh Ditutup
Kepala Otoritas Bandara Wilayah III Juanda, Dadun Kohar, mengatakan pada musim libur Natal dan Tahun baru ini, penerbangan menghadapi cuaca yang tidak bagus. Oleh karena itu otoritas melakukan langkah-langkah antisipatif.

Gunung Bromo Semburkan Abu Setinggi Satu Kilometer
"Karena itu kita selalu berkoordinasi dengan bandara-bandara lain antisipasi kemungkinan pengalihan atau divet," kata Dadung saat meresmikan Posko Natal dan Tahun Baru di Terminal 2 Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jumat, 18 Desember 2015.

Selain itu, lanjut Dadun, masalah lain yang bisa mengganggu angkutan Natal dan Tahun Baru kali ini ialah erupsi Bromo. Saat ini, yang sudah terkena dampak langsung erupsi Bromo adalah Bandara Abdul Rahman Saleh Malang. 

"Hari ini Bandara Malang dibuka lagi setelah kemarin sempat ditutup. Tidak menutup kemungkinan akan ditutup lagi karena aktivitas Bromo tidak terprediksi. Jadi Bromo ini pada intinya mengganggu keselamatan, tapi kita sudah lakukan antisipasi. Alhamdulillah Juanda masih aman," kata Dadun.

Sementara itu, General Manager PT Angkasa Pura I, Yuwono, mengatakan, Posko Natal dan Tahun Baru di Bandara Juanda akan dibuka mulai hari ini sampai 8 Januari 2016. "Intinya, posko didirikan untuk memberikan rasa aman dan rasa nyaman kepada para penumpang pengguna jasa penerbangan," katanya.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya