Mandiri Tunjuk Pengganti Menko Darmin Sebagai Komisaris

Luhut Pandjaitan Darmin Nasution Rizal Ramli
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside
VIVA.co.id
Bank Mandiri Jadi Penyalur Investasi Asing ke Daerah
- Pemegang saham PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) memutuskan mengangkat Wimboh Santoso sebagai Komisaris Utama, menggantikan Darmin Nasution, yang sejak beberapa bulan lalu menjadi Menteri Koordinator Perekonomian dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

Dana Deklarasi Tax Amnesty Bank Mandiri Sudah Rp70 Miliar
"Bank Mandiri selama ini telah memiliki sistem pengelolaan organisasi yang baik, sehingga pihaknya meyakini pergantian ini tetap dapat menjaga konsistensi pertumbuhan bisnis Bank Mandiri," kata Direktur Utama Bank Mandiri, Budi Gunadi Sadikin, di kantornya, Jumat 18 Desember 2015.

BKPM Gandeng Bank Mandiri untuk Tampung Dana Investor
Kemudian, melalui kepengurusan baru, Bank Mandiri juga siap untuk terus tumbuh berkelanjutan memberikan nilai yang terbaik kepada seluruh stakeholders, serta lebih siap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"Komitmen untuk tumbuh berkelanjutan itu direalisasikan dengan peningkatan fungsi intermediasi. Hingga akhir September 2015, Bank Mandiri mencatatkan penyaluran kredit sebesar Rp560,6 triliun, tumbuh 10,7 persen dibanding periode yang sama tahun lalu," tutur dia.
 
Bank Mandiri juga dapat mencatatkan pertumbuhan bisnis ditengah kondisi makro ekonomi yang masih mengalami fluktuasi. Kondisi ini ditunjukkan dengan laba operasional yang mengalami pertumbuhan 21,19 persen, dari Rp22,5 triliun menjadi Rp27,3 triliun pada triwulan III 2015.

"Konsistensi dalam disiplin menjaga pertumbuhan yang sehat dan berkualitas, menjadi salah satu upaya kami dalam mengembangkan bisnis agar mampu menumbuhkan optimisme baru terhadap perekonomian Indonesia," kata dia.

Budi juga menyatakan kepercayaan masyarakat kepada Bank Mandiri juga semakin tinggi. Hal itu ditunjukkan dengan naiknya penghimpunan dana pihak ketiga menjadi Rp654,6 triliun pada September 2015 dari Rp590,9 triliun di bulan September 2014.

Dari jumlah tersebut, total dana murah yang berhasil dikumpulkan Bank Mandiri mencapai Rp415,9 triliun atau tumbuh 15,0 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Sebagai upaya untuk meningkatkan pengumpulan dana masyarakat melalui peningkatan kenyamanan bertransaksi, Bank Mandiri terus mengembangkan jaringan kantor cabang, elektronik channel, maupun jaringan layanan lainnya. Bank Mandiri pun terus berupaya untuk memberikan produk atau jasa yang inovatif dalam bertransaksi.

Berdasarkan hasil RUPSLB, Berikut susunan komisaris Bank Mandiri:

1. Komisaris Utama:  Wimboh Santoso
2. Wakil Komisaris Utama: Imam Apriyanto Putro
3. Komisaris: Askolani
4. Komisaris: Suwhono
5. Komisaris Independen: Abdul Aziz
6. Komisaris Independen: Aviliani
7. Komisaris Independen: Goei Siauw Hong
8. Komisaris Independen: Bangun Sarwito Kusmuljono

(ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya