Awas! Hindari Lima Modus Penipuan di Mesin ATM

ilustrasi kejahatan kartu kredit
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andry Arifin
VIVA.co.id
Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
- Tingginya kebutuhan pelayanan di dalam dunia perbankan mau tidak mau membuat pihak bank harus melakukan banyak terobosan dalam memenuhi kebutuhan para nasabahnya. 

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
Tidak cukup hanya pelayanan selama berlangsungnya jam kantor saja, namun berbagai kebutuhan tersebut membuat pihak bank melakukan pelayanan selama 24 jam, melalui berbagai macam fasilitas pendukung yang mereka sediakan. 

Manfaat dan Risiko Investasi Obligasi
Salah satu terobosan penting yang dilakukan oleh pihak bank dalam meningkatkan layanan mereka adalah dengan cara menyediakan berbagai layanan 24 jam yang dapat diakses oleh para nasabah di manapun mereka berada. Beberapa di antaranya adalah:

• Layanan contact center 24 jam. 

Ini adalah bagian yang sangat penting di dalam keseluruhan sistem layanan yang disediakan di dunia perbankan, karena layanan ini akan menangani segala macam keluhan dan melakukan berbagai macam tindakan cepat terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi nasabah.

Seperti, pemblokiran sementara rekening bank, atau kartu kredit yang hilang, penanganan berbagai masalah teknis yang ditemui oleh nasabah di dalam produk perbankan yang digunakannya.

• Layanan setor tunai melalui mesin setor tunai.

Belakangan ini, bank menambah layanan mereka dengan melakukan pengadaan mesin setor tunai yang memungkinkan nasabah dapat melakukan penyetoran dana selama 24 jam tanpa harus melalui teller.

• Layanan automated teller machine (ATM).

Ini adalah layanan paling populer dan banyak sekali digunakan oleh para nasabah bank dalam berbagai kegiatan keuangan. Berbagai macam urusan keuangan biasa diselesaikan melalui ATM, sepert transfer dana, membayar berbagai macam tagihan dan yang paling sering adalah menarik dana tunai.

ATM telah sangat lazim digunakan oleh banyak orang dan hal ini menyebabkan inisiatif dari pihak bank untuk melakukan pengadaan mesin ATM yang cukup banyak, demi menjamin ketersediaan layanan yang merata bagi seluruh nasabahnya di mana pun berada.

Namun, keberadaan ATM yang begitu populer dan lekat dengan gaya hidup masyarakat yang senantiasa menyukai segala bentuk kepraktisan dan kemudahan dalam layanan perbankan telah membuat beberapa oknum pelaku kejahatan melihat ini sebagai peluang untuk melakukan tindak kejahatan.

Berbagai modus kejahatan akan mengintai para penggguna ATM di mana pun berada, karena itu cermati dan waspadai beberapa modus yang kerap dilakukan oleh para pelaku kejahatan ATM berikut ini:

1.  Melakukan pengganjalan mesin ATM

Ini adalah modus yang telah lama dilakukan oleh para pelaku kejahatan ATM, mereka akan meletakkan sebuah benda kecil tak terlihat pada slot kartu yang kemudian akan membuat kartu tersebut terperangkap di dalam mesin.

Pada umumnya, korban akan melakukan sejumlah usaha untuk mengeluarkan kartu tersebut sebelum akhirnya gagal dan meninggalkan kartu tersebut di sana. 

Biasanya, saat itulah pelaku yang pada umumnya telah berdiri tepat di belakang korban dan telah mengawasi korban sejak awal akan segera melakukan aksinya dengan cara mengeluarkan kartu tersebut dan memasukkannya kembali dengan menggunakan PIN yang didapatkan dari pengintaian sejak awal dan kemudian melakukan penarikan uang.




2.  Melakukan pemasangan alat skimming

Pemasangan alat skimming yang sengaja dilakukan di ATM, akan merekam dan menyimpan segala informasi yang terdapat di dalam kartu ATM dan hal ini akan dapat dipergunakan untuk menggandakan kartu tersebut.

3. Pemasangan kamera kecil

Pemasangan kamera ini dilakukan untuk mengintai segala aktivitas dan PIN yang Anda masukkan, saat melakukan penarikan tunai di ATM, yang selanjutnya akan digunakan oleh para pelaku kejahatan untuk membobol dan menguras dana dari rekening Anda.


4. Pemasangan keypad palsu

Ini juga merupakan modus yang sering dilakukan oleh para pelaku kejahatan. Dengan memasang keypad palsu di atas keypad yang asli, maka pelaku dapat merekam PIN yang telah dimasukkan oleh korban saat melakukan transaksi di ATM.


5.  Memasang jebakan uang

Pelaku juga biasanya melakukan pengganjalan di slot mesin uang yang akan menyebabkan uang tidak dapat keluar meskipun transaksi penarikan tunai telah berjalan sukses. Saat korban pergi meninggalkan ATM, maka pelaku akan dengan segera datang dan mengambil uang tersebut dengan cepat.

Tingkatkan kehati-hatian Anda

Modus kejahatan sudah semakin beragam, dan bisa menyasar siapa saja. Termasuk ketika Anda mengambil uang di ATM, yang seharusnya berjalan dengan aman berkat perlindungan dari pihak bank. Jadi, tingkatkan kehati-hatian Anda, jangan sampai menjadi korban yang selanjutnya.


(asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya