20-12-1995: Ratu Inggris Desak Charles dan Diana Bercerai

Pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Pada 20 tahun lalu, Ratu Inggris, Elizabeth II, mendesak Pangeran Charles dan mendiang Putri Diana untuk segera bercerai setelah keduanya tidak lagi akur dan masing-masing membuat skandal asmara yang disorot media massa. Istana Buckingham meminta, pernikahan keduanya segera diakhiri dalam sebuah surat yang dikirimkan kepada mereka awal pekan sebelumnya.

Menurut stasiun televisi BBC, Pangeran Charles menyetujui desakan ibunya, tetapi Putri Diana saat itu tidak langsung merespon, demikian berita dari juru bicara Istana.

"Setelah mempertimbangkan situasi terakhir, Ratu telah menulis surat kepada keduanya awal pekan ini dan memberi mereka pandangan yang didukung oleh Duke of Edinburgh (suami ratu), bahwa perceraian lebih awal akan lebih baik," kata jubir tersebut.

"Pangeran Charles juga menyetujui pandangan ini dan telah memberitahukan kepada Putri Diana sejak surat ibundanya dikirimkan. Ratu dan Duke of Edinburgh akan terus melakukan apa yang mereka bisa bantu dan dukung kepada Pangeran Charles dan Putri Diana, terutama anak-anak mereka dalam masa-masa sulit ini," lanjutnya.

Surat Ratu ini dilayangkan beberapa pekan setelah wawancara Putri Diana di BBC, yang telah memicu debat nasional soal masa depan kerajaan.

Dalam wawancara itu, Putri Diana mengaku sebenarnya tidak menginginkan perceraian. Dia justru menilai bahwa pernikahan dengan Charles diganggu oleh orang ketiga, yaitu Camilla Parker Bowles.

Namun, setahun setelah desakan Ratu atau pada 28 Agustus 1996, Charles dan Diana resmi bercerai setelah keluar putusan "decree nisi" dari pihak berwenang. Berakhir pula kehidupan rumah tangga mereka, yang telah berlangsung 15 tahun.

Sebagai dampak dari perceraian itu, Diana harus melepas gelar kebangsawanan Her Royal Highness. Namun, dia mendapat uang pisah dari keluarga kerajaan sebesar 17 juta pound sterling dan tunjangan 350.000 per tahun khusus untuk mengelola kantornya.

Kendati bercerai, Charles dan Diana sepakat berbagi hak asuh atas kedua putra mereka, William dan Harry. Namun, kisah Charles dan Diana tidak berakhir sampai di situ.

Setahun kemudian, 1997, Diana wafat secara mengenaskan bersama teman prianya dalam suatu kecelakaan mobil di Paris. Sedangkan pada 2005, Charles akhirnya menikahi Camilla, perempuan pujaannya.

Potongan Kue Penikahan Putri Diana Dilelang

(mus)

Alasan Pengeran William Benci Media Sosial

Yang menjadi perhatiannya adalah efek yang besar.

img_title
VIVA.co.id
22 Januari 2016