Malam Natal, Asteroid Raksasa Dekati Bumi

Asteroid pada malam Natal 2015
Sumber :
  • www.earthsky.com/Arecibo Observatory/NASA

VIVA.co.id - Ada yang berbeda dari penampakan antariksa pada liburan Natal tahun ini.  Pada malam Natal 2015, asteroid raksasa akan mendekati bumi.

Batu antariksa yang dikenal dengan Asteroid 163899 itu akan makin mendekati bumi pada 24 Desember malam. Karena kedatangannya tersebut bertepakan dengan malam Natal, ada yang kemudian menyebutnya sebagai asteroid Natal.

Asteroid ini awal ditemukan diperkirakan berukuran sekitar 1,1 sampai 2,5 kilometer, namun dalam pengamatan terbaru melalui teleskop Arebico di Puerto Rico, batu antariksa ini punya panjang 2 kilometer.

Dilansir dari Earthsky, Senin 21 Desember 2015, tapi jangan khawatir, Asteroid 163899 akan aman atau tidak akan membahayakan bumi. Sebab, batu antariksa itu akan mendekat dalam jarak 11 juta kilometer atau 28 kali jarak Bumi-Bulan.

Mengingat jarak tersebut, maka asteroid itu tidak akan menimbulkan aktivitas seismik dan gempa bumi. Sebelumnya ada kabar dari media yang menunjukkan kemungkinan kedatangan asteroid tersebut akan menimbulkan aktivitas seismik di bumi.

Dengan jarak yang cukup jauh tersebut, penampakan asteroid ini hanya bisa dilihat dengan menggunakan teleskop. Pengamat di bumi tidak akan bisa melihatnya.

Untuk diketahui, Asteroid 163899 sudah bukan objek baru bagi pengamat antariksa. Asteroid ini sudah ditemukan pertama kali melalui pengamatan program Lowell Observatory Near-Earth Object Search (LONEOS) di Arizona pada 29 September 2003.

Astronom saat itu menemukan asteroid 163899 setelah mengamati dengan menggunakan teleskop radio. Peneliti mengamati batu antariksa dengan menggunakan sinyal pantulan radio dari permukaan asteroid tersebut. 

Dalam pengamatannya, astronom menggunakan Arecibo Observatory di Puerto Rico untuk mengamati gerak asteroid Natal mulai 3-17 Desember 2015, sedangkan fasilitas Goldstone Antenna menganalisa batu antariksa itu mulai 5-20 Desember 2015.

Awalnya asteroid ini menyandang nama 2003 SD220, yang merujuk pada tahun temuan objek batu antariksa tersebut.

Sebelum munculnya asteroid 163899, batu antariksa terakhir yang mendekati bumi yaitu asteroid 2015 TB145 atau dikenal dengan asteroid Halloween yang muncul pada Oktober lalu. Saat itu bertepatan dengan momentum Halloween. Namun asteroid Halloween itu akhirnya tak seseram dari konsep Halloween yang ada di bumi.

Kemudian pada Januari 2015, asteroid yang mendekati bumi yaitu asteroid 2004 BL86.

Catat, Deretan Fenomena Astronomi Sampai Akhir 2016
Kepala Lapan, Thomas Djamaluddin

Tips Sederhana Agar Bisa Saksikan Galaksi Bima Sakti

Cukup matikan lampu sekitar dan jalanan selama satu jam.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016