Anda Baru Menikah? Ikuti Enam Tips Berinvestasi ini

Sumber :
  • gobankingrates

VIVA.co.id - Menikah akan membawa banyak sekali perubahan di dalam diri dan keseharian Anda. Hal ini dapat ditandai dengan terjadinya perubahan kebiasaan dan munculnya rutinitas yang baru di dalam hidup Anda. 

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Pada dasarnya sebuah pernikahan akan menyatukan dua kepribadian dalam sebuah rumah tangga yang baru dan hal ini tentu saja akan melahirkan banyak sekali perubahan yang akan Anda alami bersama pasangan.

Salah satu perubahan yang sangat penting untuk anda cermati sejak dini adalah perubahan yang terjadi di dalam pengelolaan keuangan Anda. 

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor

Akan banyak hal yang perlu Anda dan pasangan lakukan dalam perencanaan keuangan rumah tangga baru, karena setelah menikah tentu saja akan banyak hal yang ingin berdua wujudkan dan capai dalam pernikahan. 

Dari sekian banyak hal yang ingin dicapai tersebut, pada umumnya salah satu hal yang penting untuk anda lakukan adalah membuat investasi.

Manfaat dan Risiko Investasi Obligasi

Investasi akan menjadi sebuah elemen penting dalam perencanaan masa depan keluarga Anda, jadi sangat penting bagi anda untuk melakukan serangkaian perencanaan terhadap pembelian sebuah investasi di dalam keluarga baru. 

Beberapa poin di bawah ini adalah tips yang harus Anda perhatikan saat akan melakukan investasi ketika baru menikah:

1. Lunasi utang

Bila saat akan melangsungkan pernikahan Anda dan pasangan telah mengambil sejumlah pembiayaan dari bank, maka ada baiknya hutang tersebut segera dilunasi dengan cara mengalokasikan hadiah uang yang Anda dapatkan dari teman dan kerabat saat melaksanakan pesta pernikahan. 

Awalilah kehidupan rumah tangga Anda tanpa membawa serta hutang di dalamnya. Dengan demikian keuangan rumah tangga Anda akan berjalan dengan lancar dan stabil ke depannya.

2. Tentukan tujuan investasi

Rencanakan masa depan Anda dan pasangan dengan baik. Penting bagi Anda untuk membahas semua rencana kerja dan pengelolaan keuangan anda secara detail dan seksama. 

Lakukan penghitungan penghasilan dan biaya yang akan Anda keluarkan dalam membeli berbagai macam investasi di dalam rumah tangga. Lihat dan rencanakan semua peluang investasi yang mungkin dapat Anda dan pasangan lakukan di waktu yang akan datang. 

Baca juga: 10 Bisnis Franchise Menjanjikan yang Perlu Dicoba

3. Investasikan hadiah uang yang Anda peroleh

Penting bagi Anda dan pasangan melakukan pembicaraan mengenai berapa persentase hadiah uang yang Anda dapatkan dalam pernikahan yang akan Anda investasikan. Anda dapat memasukkannya ke dalam rekening deposito atau rekening gabungan sebagai dana darurat yang dapat disetarakaan dengan penghasilan selama 6-8 bulan.

4. Mengambil Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Bila setelah menikah anda dan pasangan tidak memiliki tunggakan utang, maka dengan leluasa Anda dapat menginvestasikan seluruh hadiah uang yang didapatkan dalam pernikahan Anda. Salah satu pilihan investasi yang paling tepat dan penting untuk anda lakukan adalah dengan cara mengambil KPR. 

Kumpulkan informasi dari berbagai bank tentang layanan KPR yang mereka miliki, kemudian lakukan perbandingan antara satu dengan yang lainnya. Pastikan anda mendapatkan layanan KPR dengan bunga terendah, agar anda dan pasangan tidak mengalami kesulitan dalam melakukan penyicilan setiap bulannya.

Baca juga: Surat Keterangan Usaha, Bagaimana Sih Cara Membuatnya?

5. Berinvestasi dengan bijak

Kumpulkan berbagai informasi penting mengenai investasi, cermati dan pahami dengan jelas segala ketentuan dan risiko yang terkandung di dalamnya. Saat memilih dan membeli sebuah investasi, Anda harus mengerti dan dapat menyesuaikan berbagai macam risiko yang mungkin akan terjadi nanti. 

Lakukan diversifikasi portfolio investasi Anda untuk mencapai tujuan imbal hasil yang akan diterima.

6. Investasikan waktu yang Anda miliki dengan baik

Waktu adalah investasi paling berharga yang Anda miliki, maksimalkan hal ini dengan mempelajari berbagai skill baru dan melakukan beragam cara dalam memajukan karier dan penghasilan Anda.

Baca juga: Ini Cara Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan

Menikahlah dengan perencanaan yang matang

Pada dasarnya sebuah pernikahan adalah satu titik permulaan yang akan membawa Anda dan pasangan ke titik-titik berikutnya yang merupakan target dari pernikahan itu sendiri. Awalilah pernikahan Anda dengan sebuah perencanaan keuangan yang matang dan tetapkan setiap target yang anda dan pasangan akan capai di masa depan. 

Lalu, mulalilah menapaki setiap langkah yang telah ditetapkan dan segera capai target dan tujuan dari perencanaan keuangan Anda.

Baca juga: Mengenal Unit Link: Asuransi dengan Fitur Investasi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya