Menko Darmin: Satu Per Satu Negara Lain Lampaui Indonesia

Menteeri Koordinator Bidang Perekonomin Darmin Nasution mendapat kejutan ulang tahun di kantornya.
Sumber :
  • Chandra G Asmara / VIVA.co.id

VIVA.co.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution hari ini, Senin, 21 Desember 2015 merayakan hari ulang tahunnya ke 67. Pesta perayaan sederhana pun digelar di kantornya pada siang tadi, dengan dihadiri keluarga besar, dan seluruh jajarannya.

Singapura Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2016

Di hari bahagianya, mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) ini tidak lupa memberikan wejangan khusus kepada para jajarannya, agar terpompa semangatnya untuk membangkitkan Indonesia yang saat ini dianggap telah kalah bersaing dengan negara tetangga.

"Kita perlu semangat, supaya betul-betul melakukan sesuatu untuk bangsa ini. Kalau lima sampai sepuluh tahun tidak bisa melakukannya, kita akan kehilangan momentum emas ini," ujar Darmin saat ditemui dikantornya, Jakarta, Senin, 21 Desember 2015.

Produk UKM Pedesaan Masih Kesulitan Promosi

Darmin menjelaskan, Filipina, Vietnam, dan Thailand telah mendahului Indonesia dalam hal pembangunan ekonomi. Padahal, beberapa tahun yang lalu, justru Indonesia menjadi negara paling depan di antara negara-negara tersebut.

"Dahulu, kita lebih awal dari negara lain dalam membangun ekonomi. Tapi satu per satu, mereka melewati kita. Filipina, Thailand, bahkan Vietnam jelas sudah melewati kita," ujar Darmin.

Orang-orang Kaya Sedunia Lagi 'Ketakutan' Saat Ini

Meski demikian, mantan Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan ini mewanti-wanti agar tidak semakin tertinggal dengan negara tetangga. Bahkan, apabila semakin tertinggal, Indonesia dianggap sudah habis.

"Jangan sampai Myanmar melewati kita. Kalau sampai lewat, lebih baik kita menyerah saja," kata dia.

Bursa Efek Australia atau Australian Securities Exchange (ASX)

Bursa Asia Pasifik Tertekan Dinamika Pilpres AS

Investor mencermati siapa presiden AS yang baru.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016