Mau Tabungan Bertambah? Ikuti Cara Jitu Ini

Pohon uang
Sumber :
  • Halomoney

VIVA.co.id - Zaman sekarang, tentunya akan lebih bijak kalau sudah menyisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung. Tabungan tersebut bisa digunakan untuk dana kalau mau kuliah lagi, dana pendidikan anak di masa depan, atau bahkan untuk dana hari tua saat pensiun nanti.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Anda merasa kurang banyak uang yang bisa ditabung setiap bulannya? Cobalah empat tips jitu berikut untuk meningkatkan jumlah yang bisa kamu tabung:

1. Pisahkan rekening tabungan dengan rekening transaksi rutin.
Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Sebelum melakukan apapun, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuka rekening baru di luar rekening untuk transaksi rutin. Buatlah agar rekening yang dikhususkan untuk tabungan terpisah dari rekening untuk transaksi rutin.
Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

Selain lebih mudah untuk mengecek arus keluar masuk kas terkait tabungan, memiliki rekening khusus tabungan akan memberi efek psikologis di mana Anda lebih tidak mudah tergoda untuk mengambil dana di rekening tersebut untuk kebutuhan yang tidak mendesak.

2. Masukkan diskon yang diperoleh sebagai tabungan

Apakah sudah menentukan anggaran untuk pengeluaran bulanan? Nah, kalau supermarket atau toko tempat biasa berbelanja kebetulan memberikan program diskon untuk produk tertentu atau karena bekerjasama dengan bank penyedia kartu kredit, masukkan jumlah diskon yang diperoleh tadi menjadi tabungan.

Beberapa supermarket juga sering menyelanggarakan diskon untuk kategori barang tertentu saat ada momen seperti Lebaran atau Natal. Manfaatkan program diskon ini untuk membeli jumlah yang lebih banyak agar tidak perlu mengeluarkan uang pada bulan-bulan berikutnya dengan harga normal. Anda bisa mendapatkan saving tambahan dengan cara ini.


3. Kumpulkan receh yang diterima dari kembalian belanja

Saat membayar untuk belanja snack di supermarket atau makan siang di kantin, seringkali mendapat kembalian dalam bentuk receh. Coba dikumpulkan uang receh tersebut dalam satu botol toples. Jangan kaget dengan jumlah yang bisa dikumpulkan dalam satu tahun.

Misalkan menabung receh setiap hari sebesar Rp2.000. Dalam satu bulan (30 hari), kamu dapat mengumpulkan receh hingga Rp60 ribu. Jumlah yang akan terkumpul dalam 1 tahun (12 bulan) adalah Rp720 ribu. Meskipun tidak banyak, jumlah ini tentunya membantu untuk menambah tabungan.


4. Eliminasi pengeluaran yang tidak esensial
 
Pengeluaran yang tidak esensial adalah pengeluaran yang tidak wajib dikeluarkan untuk hidup sehari-hari. Kalau sering menghamburkan uang untuk makan junk food, merokok, atau kegiatan lain yang tidak sehat, Anda bisa coba untuk menguranginya atau bahkan benar-benar menghilangkannya.
 
Sekarang coba bayangkan kalau berangsur-angsur berhenti merokok dan mengalihkannya ke olahraga jogging setiap pagi. Selain lebih sehat, Anda juga menjadi lebih hemat karena tidak perlu membeli rokok lagi. Lebih mudah memulai dari mengubah gaya hidup sendiri untuk mendapatkan penghematan yang bisa ditabung, bukan?


5. Buka usaha sampingan kecil-kecilan

Bagi yang statusnya karyawan biasa dan takut untuk memulai usaha sendiri seperti restoran atau kafe, tidak perlu khawatir. Ada banyak jenis usaha kecil-kecilan yang mudah dimulai dan dilakoni oleh karyawan kantoran sekalipun.

Sebagai contoh, buat yang hobi masak, cobalah setiap seminggu sekali membuat beberapa macam kue dalam jumlah banyak untuk dijual ke teman-teman kantor. Kalau suka mengajar, bisa sampingan menjadi guru les di akhir pekan. Penghasilan tambahan yang didapat bisa bervariasi dari Rp100 ribu hingga Rp500 ribu per bulan atau lebih. Lumayan untuk menambah tabungan kan?


Nah, cara yang paling cepat menambah tabungan kamu adalah dengan membuka usaha sampingan sendiri yang sedikit lebih besar. Kalau kamu kepikiran mau buka usaha tertentu tapi tidak punya modalnya, cobalah gunakan pinjaman tanpa agunan (KTA). 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya