Enam Alasan Mengapa Anda Harus Punya Kartu Kredit

Ilustrasi Transaksi Kartu Kredit
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Praktis dan efisien, barangkali dua kata inilah yang membuat banyak orang menjadikan kartu kredit sebagai gaya hidup yang tak lagi bisa ditinggalkan. 

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Belakangan ini, bank-bank penerbit produk kartu kredit saling berlomba untuk memberikan berbagai macam fitur dan kelebihan di dalam kartu kredit yang mereka pasarkan. 

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
Penerbitan berbagai kartu kredit dengan ini bertujuan untuk memenuhi berbagai macam segmen pasar pengguna kartu kredit, dengan cara mengeluarkan beberapa jenis kartu kredit, dengan berbagai perbedaan kelebihan tertentu dalam setiap jenisnya.

Ada banyak kelebihan dan fitur menarik yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan kartu kredit. Beberapa poin di bawah ini patut menjadi alasan pertimbangan bagi Anda untuk segera memiliki dan menggunakan kartu kredit dalam keseharian Anda:

1. Senang 'berburu' promo dan diskon

Promo dan diskon merupakan dua hal yang kerap menjadi alasan seseorang untuk berbelanja, hal ini juga menjadi perhatian khusus bagi para bank penerbit kartu kredit untuk mengeluarkan banyak program belanja dengan cara menjalin kerja sama dengan ritel-ritel tertentu dan membuat kesepakatan berupa diskon, atau promo bagi para pengguna kartu kredit.

Saat ini, banyak kartu kredit yang bekerja sama dengan merek dan supermarket tertentu, atau lebih dikenal dengan sebutan co-brand yang menawarkan banyak potongan harga dan diskon khusus bagi para pengguna kartu kredit tersebut. 

Hal ini, tentu saja akan menghemat banyak uang belanja bulanan dan biaya kebutuhan lainnya. Namun, tetaplah perhitungkan dan hati-hati dalam berbelanja, karena setiap pemakaian kartu kredit tentu harus diiringi dengan pembayaran juga setelahnya. Baca Juga: Ini Syarat dan Cara Membuat NPWP Perusahaan

2. Melakukan pembayaran tagihan dengan efisien

Berbagai macam tagihan rutin yang harus dibayarkan setiap bulannya, tentu saja akan memakan banyak waktu dan biaya yang harus dikeluarkan. 

Bagaimana tidak, beberapa tagihan yang berbeda harus dibayarkan pada tanggal yang berbeda juga, hal ini akan sangat merepotkan dan sering membuat Anda lupa akan jadwal pembayarannya.

Memiliki kartu kredit akan memudahkan Anda untuk mengatur semua pembayaran tagihan rutin dalam satu tanggal yang sama, yaitu tanggal pembayaran kartu kredit Anda saja. 

Cukup daftarkan semua tagihan rutin bulanan, seperti: tagihan listrik, tagihan telepon, tagihan PAM dan yang lainnya dalam satu kartu kredit Anda dan nikmati kemudahan pembayaran dalam satu tagihan kartu kredit sekaligus.

3. Senang berbelanja online

Bila Anda hobi berbelanja online, maka kartu kredit adalah sesuatu yang wajib untuk Anda miliki. 

Berbagai kemudahan bertransaksi dan keuntungan akan didapatkan saat berbelanja online dengan menggunakan kartu kredit, karena saat ini hampir semua situs belanja online dapat menerima pembayaran melalui kartu kredit dan bahkan banyak dari mereka yang menawarkan diskon khusus bagi para pengguna kartu kredit tertentu yang melakukan kerja sama dengan mereka.




4. Suka traveling

Kartu kredit juga memberi kemudahan dan sangat efisien bagi mereka yang punya hobi traveling, banyak kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan kartu kredit, di antaranya:

• Kartu kredit mudah digunakan dalam pembelian tiket pesawat dan Anda akan memperoleh keuntungan berupa frequent flyer, atau miles point yang bisa Anda kumpulkan hingga mencapai jumlah tertentu dan kemudian ditukarkan dengan tiket perjalanan gratis.

• Kartu kredit juga menjalin banyak kerja sama dengan hotel-hotel dan restoran tertentu, hal ini tentu akan memberi banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dalam bentuk diskon dan pelayanan ekstra, atau pengunaan fasilitas tertentu yang dikhususkan bagi para pengguna kartu kredit.

5. Sering bepergian ke luar negeri

Bisnis atau pekerjaan sering kali membuat seseorang harus sering melakukan perjalanan ke luar negeri. Hal ini, tentu saja membutuhkan segala bantuk kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan segala macam transaksi keuangan di luar negeri dan kartu kredit akan menjadi solusi bagi semua kebutuhan tersebut.

Kartu kredit akan mempermudah perjalanan, karena dapat digunakan di semua ritel yang menggunakan logo visa, atau mastercard tanpa perlu repot untuk menukarkan mata uang asing yang berlaku di negara yang sedang didatangi.

6. Mengumpulkan poin reward

Pada umumnya semua bank memberikan poin reward bagi semua pembelanjaan yang dilakukan dengan menggunakan kartu kredit dan poin-poin tersebut dapat ditukarkan dengan berbagai macam keuntungan seperti: gratis iuran tahunan, barang-barang menarik dan voucher belanja.

Gunakan kartu kredit dengan benar

Itulah beberapa alasan kenapa kartu kredit itu penting untuk Anda miliki. Kartu kredit memang sangat membantu untuk mengatasi masalah finansial jangka pendek, tetapi perlu untuk Anda ingat penggunaan kartu kredit yang yang berlebihan akan membuat masalah keuangan anda menjadi semakin rumit. 

Pastikan Anda menggunakan kartu kredit dengan perhitungan yang benar, sehingga manfaat kartu kredit yang sesungguhnya dapat Anda nikmati. Baca Juga: Perbedaan Secured Credit Card dengan Kartu Debit

(asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya