Sebelum Tahun Baru, Kontrak Baru Blok Mahakam Diteken

Blok Mahakam
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVA.co.id - Kontrak baru Blok Mahakam akan selesai akhir tahun ini. Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), I. G. N. Wiratmaja Puja.

Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE

"Insya Allah sebelum tahun baru bisa ditandatangani antara SKK Migas dengan PT Pertamina (Persero) untuk PSC (partnership sharing contract) baru," kata Wiratmaja, di kantor Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa malam, 22 Desember 2015.

Dia mengatakan, Pertamina nantinya akan menjadi pemilik 100 persen saham Blok Mahakam yang ada di Kalimantan Timur itu. Pertamina nanti akan memberikan saham 10 persen kepada pemerintah daerah Kalimantan Timur. Dua operator lama blok ini, Total E&P Indonesie dan Inpex Corporation, masih bisa mendapatkan maksimal saham sebesar 30 persen dari blok tersebut.

Pertamina Jamin Stok Premium Tetap Tersedia di Medan

"Kelihatannya Pertamina senang ada existing operator di sana. Lapangannya besar dan kompleks. Reservoir-nya banyak sekali," kata dia.

Wiratmaja pun mengibaratkan, kondisi Blok Mahakam saat ini sebagai kaki gunung. Saat ini, cadangan minyak di sana sebanyak 46.601,2 MSTB, gas alam sebanyak 3.874,4 BSCF, dan cadangan kondensat sebanyak 116.802,2 MSTB. Sementara, produksi minyak dan kondensatnya sebanyak 69,8 mbopd dan gas sebanyak 1.767 mmscfd.

Pertamax Turbo Hanya Cocok untuk Mesin Kompresi Tinggi

"Tugas Pertamina itu menjaga penurunan produksi tidak terlalu tajam."

(mus)

Pengumuman Direksi Pertamina oleh Menteri BUMN

Pertamina Pelajari Rencana PLN Caplok PGE

Pengkajian secara bisnis dilakukan perseroan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016