5 Januari 2016, Akhirnya Harga BBM Turun

Ilustrasi SPBU pasti pas.
Sumber :
  • Arie Dwi Budiawati/VIVA.co.id
VIVA.co.id
PMA Tak Merata Akibat Kurang Listrik
-  Pemerintah akan menurunkan harga BBM pada awal Januari 2016. Namun, pemberlakuan harganya baru berlaku mulai 5 Januari 2016.

Strategi Menteri Arcandra Targetkan PLTP 7.000 MW
"Ya, berlakunya tidak persis 1 Januari 2016," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, saat ditemui di Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu 23 Desember 2015.

Wapres: Elektrifikasi RI Terendah di ASEAN
Sudirman mengatakan, ada dua hal yang dipertimbangkan pemerintah dalam memberlakukan harga baru BBM itu. Pertama, pemerintah memberi kesempatan bagi distributor BBM untuk menghabiskan stok mereka dengan harga yang lama. Hal ini bertujuan, agar penjual tidak merugi.

"Yang kedua, Pertamina sedang melakukan migrasi sistem. Perlu ada waktu transisi yang baik, supaya tidak ada chaos," kata eks direktur utama PT Pindad itu.

Untuk itu, Sudirman mengatakan, pemerintah memberikan waktu lima hari bagi distributor. "Jadi, berapa pun harga yang diputuskan, akan berlaku mulai 5 Januari 2016," ujar dia.

Sudirman memastikan, pengumuman harga BBM bersubsidi akan dilakukan sore ini. Lokasi pengumuman dan besaran angkanya masih dirahasiakan.

"Belum tahu (penurunannya). Nanti, sore saja kami sampaikan. Diumumkan di mana, tergantung nanti. Pokoknya, kami akan sampaikan setelah sidang kabinet," kata dia. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya