Ini Hasil Pertemuan BI dengan Menteri Ekonomi

Logo Bank Indonesia.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside/Files

VIVA.co.id -  Sejumlah menteri Kabinet Kerja, siang ini, Rabu 23 Desember 2015 menyambangi kantor Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo. Pertemuan yang memakan waktu hampir dua jam itu membahas mengenai pengendalian inflasi secara keseluruhan.

BI Tak Akan Perlonggar Uang Muka Kredit Motor
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, mengungkapkan, berdasarkan hasil rapat Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), laju inflasi pada tahun ini diperkirakan berada di bawah target yang ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2015 sebesar lima persen.

Harapan BI dari Penerapan 7 Days Repo Rate
"Itu rapat koordinasi dengan TPID. Inflasi tahun ini tiga persen. Bisa lebih sedikit, bisa kurang sedikit," ujar Darmin saat ditemui di Kompleks BI, Jakarta.

Aliran Dana Asing ke RI Tembus Rp130 Triliun
Di tempat yang sama, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro enggan memberikan komentar lebih jauh atas pertemuan tersebut. Namun, Bambang memperkirakan inflasi sepanjang tahun 2015 berada di angka 2,9 persen, dengan rata-rata laju inflasi pada bulan Desember mencapai 0,5 persen. 

"2,9 secara keseluruhan. Hitung saja. Berarti 2,5 kira-kira," kata dia.

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id, hadir dalam rapat koordinasi ini di antaranya Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong, Kepala Badan Urusan Logistik Djarot Sukumayakti, dan Ketua Komisi Pengawasan Persaingan Usaha Muhammad Syarkawi Rauf. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya