Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Paling Cepat Dibangun 2020

Rizal Ramli
Sumber :
  • Rizki AR/ VIVA.co.id
VIVA.co.id
Penumpang Kereta Luar Kota Bisa Berangkat dari Jatinegara
- Setelah proyek pengadaan High Speed Railway (HSR) atau kereta cepat tujuan Jakarta-Bandung, kali ini pemerintah kembali mewacanakan kereta cepat dengan trayek Jakarta-Surabaya.

Vietnam Kirim Peluncur Roket ke Laut China Selatan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengatakan, meskipun masih sebatas wacana, proyek kereta cepat dengan jarak 750 kilometer ini, terus dimatangkan.

Tiongkok Bangun Hanggar Pesawat di Laut China Selatan
"Ini (bahas kereta cepat) baru diskusi ini bukan rapat, karena kalau rapat kan resmi," ujar Rizal di kantornya, Jakarta, Rabu 23 Januari 2015.

Menurut mantan Menteri Keuangan era Presiden Abdurahman Wahid (Gusdur) ini, kereta cepat trayek Jakarta-Surabaya ini bisa saja dibangun dalam waktu lima tahun ke depan, namun dirinya belum bisa memastikan kapan proyek ini bisa berjalan.

Ia menjelaskan, untuk menggarap proyek ini, dibutuhkan pembahasan yang matang baik dari segi teknis maupun koordinasi di tiap-tiap kementerian terkait.

"Ini masih proses diskusi eksplorasi, apakah mungkin masuk akal, apakah feasible, ya masih level diskusi," katanya

Hadir dalam pertemuan tersebut di antaranya, para deputi lingkup Kemenko Kemaritiman, Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah Jawa Barat Dadang Mohammad Ma'soem.

Kemudian, Kepala Perwakilan Japan International Cooperation (JICA) Indonesia, serta Direktur Utama PT. LAPI ITB dan Para Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menko Maritim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya