Pengangguran Masih Banyak, Pemerintah Dinilai Tak Maksimal

Para pekerja sibuk di suatu lokasi proyek infrastruktur di Jakarta beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • REUTERS/Garry Lotulung
VIVA.co.id
Tingkat Keyakinan Konsumen RI Menurun Tajam, Ungkap Survei
- Badan Perencanaan dan Pengembangan Ketenagakerjaaan mencatat, berdasarkan hasil pengukuran indeks pembangunan ketenagakerjaan 2015, secara nasional menunjukkan peningkatan, yakni dari 55,50 persen pada 2014 menjadi 55,73 persen pada tahun ini, atau masih dalam klasifikasi menengah ke bawah.

Retribusi Perusahaan Pengguna Tenaga Kerja Asing Naik
Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan Ketenagakerjaan, Sugianto Sumas, Rabu 23 Desember 2015, mengatakan peningkatan yang kecil ini menunjukkan bahwa kinerja pemerintah dalam mendorong pembangunan ketenagakerjaan masih belum memuaskan.

Tunggu Data Tenaga Kerja, Wall Street Bergerak Datar
"Ada dua dimensi yang masih sangat lemah, yaitu dimensi pendayagunaan dan dimensi perlindungan. Sedangkan dimensi pemerataan dan dimensi peningkatan kesejahteraan terus menguat," kata Sugiarto di kantor Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta.

Menurut dia, dengan adanya hasil ini, dinilai telah menunjukan pemerintah harus mendorong penciptaan dan perluasan kesempatan kerja agar dapat menyerap pengangguran serta meningkatkan jam kerja.

"Selain itu, pemerintah juga harus mencegah para penduduk usia sekolah masuk pasar kerja, karena terlalu dini masuk pasar kerja adalah langkah awal masuk ke dalam kemiskinan struktural atau kemiskinan yang sulit disembuhkan.

"Untuk itu, pemerintah juga harus mendoorong fungsi pengawasan di daerah untuk semakin giat meningkatkan jumlah perusahaan yang melaporkan ketenenagakerjaan sesuai UU No 7 Tahun 1981 tentang Wajib Lapor Ketenagakerjaan di perusahaan," ujarnya. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya