Menkominfo: Apple Harus Segera Bangun Pusat Riset di RI

Ilustrasi Apple iPad
Sumber :
  • REUTERS/Aly Song/Files

VIVA.co.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mendesak Apple untuk membangun pusat riset dan pengembangan (R&D) di Indonesia, sebelum kebijakan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) diberlakukan pada 2017.

"Sudah pasti, (Apple) harus bangun pada 2016, kan aturan TKDN berlakunya 2017," ujar Rudiantara ditemui di kantor Indosat Ooredoo, Jakarta, Rabu, 23 Desember 2015.

Pernyataan itu bukan tanpa alasan. Sebab, vendor lokal maupun global yang ingin memasarkan produk perangkat yang sudah 4G, mereka harus mengikuti aturan TKDN. Apabila, tidak dipatuhi, maka perangkat tersebut dilarang beredar di pasaran.

Disampaikan pria yang disapa Chief RA ini, saat penerapan aturan itu, TKDN mencakup 30 persen, yang terbagi atas development dan manufaktur. Sementara itu, manufaktur itu terpecah menjadi perangkat lunak dan keras.

"Tetap harus dilihat nilainya, dari segi aktivitas dan lain-lain. TKDN dari Kominfo 30 persen intinya, rinciannya seperti apa itu, tunggu perhitungan teknisnya dari Kementerian Perdagangan," kata dia.

‎Seperti diketahui, saat ini hingga menjelang akhir tahun 2016, setiap vendor harus menuruti komponen lokal sebesar 20 persen pada perangkat 4G. Kemudian, penerapannya pada 1 Januari 2017, akan meningkat tingkat komponen lokalnya jadi 30 persen.

Kesepakatan soal TKDN ini sudah disetujui oleh pemerintah melalui tiga kementerian, yaitu Kementerian Kominfo, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Perindustrian. Apabila vendor masih bandel dan tak memenuhi aturan ponsel made in Indonesia, maka produk itu dilarang beredar. (art)

Apple Deletes WhatsApp from App Store in China
Logo Apple.

Apple to Allow Repair iPhone with Used Parts

Apple has announced an upcoming enhancement to existing repair processes that will enable customers and independent repair providers to utilize used Apple parts in repair

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024