Jelang Tahun Baru, PLN Optimalkan Listrik Wilayah Jakarta

Peringatan Earth Hour 2015
Sumber :
  • ANTARA/Vitalis Yogi Trisna
VIVA.co.id
34 Proyek Pembangkit Listrik Mangkrak, Negara Merugi
- Menjelang pergantian tahun 2015 ke 2016 PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang (PLN Disjaya) menyatakan akan tetap menjaga kontinuitas pasokan daya listrik di wilayah Jakarta dan Tangerang secara optimal. Terutama penyediaan listrik saat malam pergantian tahun.
 
Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE
Dilansir dari siaran pers yang diterima Viva.co.id, Kamis 24 Desember 2015, PLN menerapkan piket siaga dan penguatan khusus mulai 22 Desember 2015 sampai 7 Januari 2016. 

Krisis Listrik, Pemerintah Sumut Gandeng Tiongkok
Perkiraan beban puncak Natal tanggal 25 Desember 2015 saat siang yaitu 4.456 megawatt (MW) dan saat malam 5.346 MW. 

Sedangkan beban puncak jelang malam pergantian tahun tanggal 31 Desember 2015 pukul 19.00 WIB diperkirakan mencapai 3.271 MW dan beban puncak siang, pada 1 Januari 2016, sebesar 3.294 MW. 

Adapun daerah-daerah yang menjadi pantauan khusus saat Natal yaitu Gereja Katedral dan 219 gereja-gereja lain di Jakarta dan Tangerang. Sedangkan untuk malam tahun baru yaitu Monumen Nasional (Monas), Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), media-media elektronik yang menyiarkan pesta malam pergantian tahun, hotel, kantor kepolisian, dan kantor PLN.

Saat Natal, beban puncak Jakarta lebih tinggi pada malam hari. Hal ini tak seperti biasanya karena tanggal 25 Desember 2015 merupakan hari libur nasional sehingga sedikit perkantoran dan industri yang beroperasi. 

Beban Puncak saat Natal dan Tahun Baru diharapkan lebih rendah dibandingkan beban puncak yang pernah dicapai PLN Disjaya yaitu sebesar 7.293 MW, sehingga pasokan listrik mencukupi untuk wilayah Jakarta Raya dan Tangerang.
 
"Akan tetapi listrik padam bisa saja terjadi dalam keadaan yang tidak terencana. Seperti bila terjadi gangguan pada sistem jaringan tenaga listrik, kejadian yang tidak terprediksi sebelumnya atau bencana alam (force majeure)," demikian kata Manajer Komunikasi, Hukum dan Administrasi PLN Disjaya,  Aries Dwianto. 

Mengantisipasi percepatan pemulihan terhadap kemungkinan terjadinya gangguan jaringan, PLN Disjaya dan Tangerang melakukan siaga penuh pada setiap Posko Pelayanan Teknik pada 35 wilayah selama 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. Posko-posko tersebut dapat dihubungi melalui Contact Center 123 dari telepon rumah maupun (021) 123 dari telepon seluler, Facebook PLN123 dan Twitter @pln_123.
  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya