26-12-2004: Malapetaka Tsunami

Ilustrasi/Dampak tsunami di Aceh pada 26 Desember 2004
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Sitaro Gempa 5,4 SR, Bisa Picu Gunung Karangetang Meletus
- Pada sebelas tahun lalu, gelombang tsunami menyapu sebagian pantai Asia dan Afrika, menewaskan lebih dari 200.000 orang. Sekitar 177.000 di antaranya adalah warga Aceh, Indonesia, yang berjarak paling dekat dengan pusat gempa.

Wapres Puji Respons Cepat Warga Sumatera Antisipasi Gempa

Gempa berkekuatan 9 magnitude yang memicu tsunami dahsyat tersebut terjadi di bawah laut di sebelah barat Aceh, Indonesia. Gempa yang terjadi pukul 07.59 WIB tersebut menciptakan tsunami terbesar dalam 40 tahun terakhir.
Usai Gempa, Situasi Kota Padang Kondusif


Menurut Jan Egeland, Koordinator Bantuan Darurat PBB, seperti yang dikutip
Reuters,
tsunami yang melanda Asia Selatan, Tenggara, hingga pesisir timur Afrika merupakan bencana alam paling masif dalam beberapa abad terakhir.


Secara keseluruhan, tsunami menewaskan lebih dari 200.000 orang di 13 negara. Hampir semua negara yang terletak di Samudera Hindia terkena dampak Tsunami.


Efek Tsunami bahkan terasa hingga ke Yaman dan Somalia. Enam bulan setelah bencana, negara-negara di seluruh dunia menggalang dana besar-besaran untuk membantu korban Tsunami.


Tidak kurang dari US$ 12 miliar berhasil dikumpulkan untuk membantu rekonstruksi pasca tsunami. Sebagian besar dana tersebut diberikan kepada Indonesia yang menjadi korban terparah tsunami.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya