Enam Cara Bikin Pesta Meriah dengan Modal Pas-pasan

Pesta di rumah
Sumber :
  • Halomoney

VIVA.co.id - Punya rencana untuk merayakan momen tertentu? Mungkin baru lulus kuliah, akan melepas masa jomblo, bertambahnya anak atau anggota keluarga baru, atau mungkin mendapat kerjaan baru di perusahaan impian.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Selamat! Pastinya Anda bahagia dan terpikir untuk mengadakan pesta. Kalau bosan merayakannya dengan sekadar makan-makan biasa, membuat pesta di rumah sendiri dengan meriah, tentu bisa menjadi alternatif yang menyenangkan.

Nah, meskipun berbagai momen tadi ingin kamu rayakan dengan pesta yang meriah, jangan sampai uang di dompet kamu malah ludes. Pesta yang harusnya digunakan untuk merayakan momen yang membahagiakan malah berbalik menghantui dompet dan rekening di bank.
Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Yuk, cek enam cara membuat pesta di rumah dengan modal murah namun tetap meriah:
Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

1. Persiapkan daftar keperluan pesta yang detil sebelum mulai belanja 

Biasanya pesta diselenggarakan untuk merayakan momen yang menyenangkan. Dalam kondisi seperti ini, akan mudah untuk melakukan pengeluaran lebih atas barang-barang yang tidak begitu diperlukan. Untuk mengatasinya, buatlah daftar keperluan pestamu sedetil mungkin agar kamu tidak mudah terpancing untuk membeli sesuatu di luar daftar tersebut.

2. Jadilah kreatif dengan membuat kartu undangan pesta sendiri

Kalau Anda kreatif, bisa membuat sendiri kartu undangan tanpa menyewa desainer professional. Anda juga bisa memanfaatkan berbagai template kartu undangan yang dengan mudah didapatkan jika melakukan penelusuran di mesin pencari online.


3. Mulai belanja bahan-bahan untuk sajian makanan dan minuman

Ini merupakan salah satu cara paling mudah untuk menghemat pengeluaran. Daripada membeli berbagai kue kering dan kue tart dengan total pengeluaran mencapai Rp1 juta atau lebih, sebaiknya belanja bahan-bahannya dan memasak sendiri.

Carilah toko grosir atau supermarket yang sedang memberikan diskon atau memiliki promo cash back sesuai kartu kredit yang dimiliki agar penghematan bisa lebih maksimal. Berbelanja bahan makanan dan minuman bisa dilakukan dengan jumlah kurang dari Rp250.000 dengan kartu kredit yang tepat.


4. Pakai peralatan makan dan minum yang tidak perlu dibuang

Biasanya orang akan membeli piring dan alat makan plastik agar bisa langsung dibuang setelah pesta usai. Agar tidak sia-sia, sebaiknya gunakan peralatan makan dan minum sendiri yang bisa dipakai lagi setelah dicuci. Sedikit lebih capek namun Anda bisa menghemat cukup lumayan.


5. Buatlah dekorasi dari kertas atau kardus bekas

Daripada membeli terompet atau confetti baru, bisa memanfaatkan kertas dan koran bekas untuk didaur ulang sebagai dekorasi yang meriah. Anda mungkin perlu sedikit modal tambahan berupa alat pewarna untuk membuat dekorasi daur ulang tersebut tampak lebih ceria. Modal untuk membeli pemeriah alat dekorasi bisa dilakukan dengan kurang dari Rp50.000 saja

6. Berikan undangan pesta dengan bertemu langsung, atau gunakan email

Daripada menggunakan jasa pos, dapat memberikan langsung langsung kartu undangan yang sudah dicetak. Anda bisa menitipkan kartu undangan melalui teman-teman yang dekat untuk diberikan ke teman lain yang sulit ditemui.

Alternatif lain, tidak perlu mencetak kartu undangan dan kirimkan saja melalui email atau media sosial ke seluruh undangan.


Nah, membuat pesta di rumah tidak perlu mengeluarkan uang hingga jutaan. Cukup dengan modal sebesar Rp300.000, sudah dapat membuat pesta yang meriah untuk merayakan momen berharga. (ase)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya