Cara Cerdas Menghemat BBM di Tengah Kemacetan Jakarta

Ilustrasi kemacetan
Sumber :
  • Autoblog
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Jakarta dan macet merupakan dua hal yang seolah tak dapat terpisahkan lagi. Sepanjang hari, bahkan tak kenal siang maupun malam, Jakarta selalu menjajakan cerita dan kemacetan yang nyaris sama setiap harinya.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Banyak orang mengatakan bahwa macet telah seperti sebuah seni tersendiri bagi kehidupan ibu kota, sehingga Anda tak perlu lagi takut dan marah menghadapinya. Cukup dinikmati dan cobalah untuk sedikit berdamai dengan kondisi yang pada kenyataannya sangat mengganggu aktifitas sehari-hari tersebut.

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
Bagi banyak orang yang bekerja jauh dari tempat tinggalnya dan memilih untuk pulang pergi setiap harinya, macet merupakan satu tantangan tersendiri yang sebenarnya sangat menyita banyak waktu dan tenaga sepanjang perjalanan pulang pergi yang melelahkan.

Tak pernah ada kenyamanan sepanjang perjalanan bagi mereka yang menggunakan transportasi umum, karena bukan hanya jalanan macet saja yang menuntut kesabaran. Namun fasilitas angkutan umum di Jakarta juga selalu menuntut ketabahan bagi para penggunanya, karena jauh dari kata layak dan cukup bagi para penumpang, yang jumlahnya sangat banya pada jam-jam berangkat dan pulang kerja. 

Penuh, berdesakan dan rentan terhadap berbagai macam tindak kejahatan, terutama bagi kaum perempuan, adalah gambaran dari transportasi umum di ibukota yang selalu menjanjikan mimpi bagi banyak pendatang setiap tahunnya.   
Bagi para pemilik kendaraan pribadi (khususnya mobil), menghadapi kemacetan Jakarta juga merupakan tantangan tersendiri yang cukup melelahkan. Sebab bukan perkara mudah untuk selalu menjaga konsentrasi dan emosi sepanjang perjalanan macet yang melelahkan. Sedikit saja lengah, maka kecelakaan rentan terjadi. Karena itu pengendara dianjurkan untuk selalu menjaga konsentrasi dan tetap berhati-hati dalam berkendara.

Harga bahan bakar minyak (BBM) yang tidak pernah stabil belakangan ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi para pemilik mobil, karena itu perhatikan beberapa poin penting tentang cara menghemat BBM di tengah kemacetan Jakarta berikut ini:

1. Matikan mesin mobil saat terjebak dalam kemacetan

Saat terjebak dalam kemacetan yang panjang dan kendaraan tak dapat bergerak maju dalam beberapa waktu yang lama, sebaiknya matikan mesin mobil. Cobalah untuk membuka jendela agar udara dapat masuk, dan Anda menjadi sedikit santai. Hal ini akan menghemat bahan bakar dan tentunya akan menghemat uang Anda juga.


2. Jangan bawa barang apapun di atas atap mobil

Membawa barang-barang di atas atap mobil saat bepergian jauh dapat membuat kinerja mobil menjadi berat, yang akibatnya akan membuat pemborosan bahan bakar mobil karena beban yang berat. Cobalah untuk menggunakan jasa pengiriman barang seperti kargo atau kurir saat akan melakukan perjalanan yang jauh.


3. Gunakan fasilitas cashback yang ditawarkan kartu kredit

Barangkali pada awalnya Anda akan merasa bahwa ini hanyalah nominal kecil, yang tidak begitu bernilai. Namun, bila anda rutin melakukan pembelian BBM dengan menggunakan kartu kredit yang dilengkapi dengan fasilitas cashback, maka Anda akan merasakan betapa besar penghematan yang dapat Anda lakukan dalam kurun waktu satu bulan. 

4. Menyetirlah dengan bijak

Bahan bakar akan dapat dihemat pemakaiannya jika Anda mengendarai mobil dengan bijak dan dalam kecepatan yang normal. Sesuaikan penggunaan rem dan gas seefektif mungkin, sehingga bahan bakar dapat dihemat selama perjalanan. 

Tidak perlu kebut-kebutan, karena hal itu akan membuat kita lebih sering menekan gas dan itu akan membuat konsumsi bensin menjadi lebih boros.


5. Siasati penggunaan bahan bakar dengan cerdas

Cara Anda berkendara akan sangat mempengaruhi jumlah pemakaian bahan bakar mobil. Berkendaralah dengan bijak dan pintar agar kinerja mesin mobil dapat berjalan maksimal, dengan pemakaian bahan bakar yang dapat dihemat sebaik mungkin.

6. Jangan buang uang Anda dengan percuma

Dengan kondisi jalanan Jakarta yang semakin macet tidak karuan, rasanya sudah tidak bijak lagi untuk membawa kendaraan roda empat. Bayangkan, perjalanan yang seharusnya hanya perlu memakan waktu selama 20-30 menit bisa menjadi dua atau tiga jam karena macet. Tentu, uang yang dikeluarkan untuk membeli bensin akan terasa percuma bukan? 

Kalau memang ingin tetap memakai mobil, usahakan untuk menggunakannya di waktu yang pas, seperti di hari libur saja. Bila ingin berangkat kerja, lebih baik gunakan saja layanan transportasi umum. (one)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya