Bos Besar Freeport Mundur, Menteri Sudirman Optimistis

Chairman Freeport-McMoRan James R. Moffett
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ismar Patrizki
VIVA.co.id
United Tractors Akan Produksi Tambang Emas
- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, tidak akan mencampuri keputusan mundurnya Presiden Direktur Freeport Mc Moran Inc., James Moffett. Sudirman pun menghormati keputusan Moffett, yang populer dipanggil Jim Bob.

Enam Bulan, Realisasi Investasi Energi Mencapai US$876 Juta
"Tentu saja kami menghormati keputusan internal korporasi. Saya selalu menyambut positif setiap perubahan," kata dia, di Jakarta, Selasa, 29 Desember 2015.

BPS: Pertumbuhan di Sektor Pertambangan Melambat
Sudirman optimistis perubahan pimpinan Freeport McMoran bisa membawa suasana baru terhadap kerja sama Freeport dengan pemerintah Indonesia, misalnya dalam mengelola portofolio perseroan.

"Penyegaran chairman Freeport tentu akan membawa suasana baru, termasuk dalam pengelolaan portofolio dan stakeholder di Indonesia. Pemimpin baru selalu membawa suasana dan cara kerja baru," kata dia.

Seperti yang diketahui, Moffett akan mundur pada Kamis, 31 Desember 2015, dan digantikan oleh Direktur Independen, Gerald J. Ford. 

Kabarnya, dia mundur karena ditekan pemilik saham baru Freeport, Carl Ichan, di saat harga saham Freeport merosot tajam. Pengunduran diri ini dilakukan beberapa bulan setelah miliarder Carl Icahn membeli 8,8 persen saham salah satu perusahaan pertambangan terbesar dunia itu.

Pengunduran diri ini juga dipicu oleh goncangan harga komoditas yang rendah hingga mengakibatkan saham Freeport terus anjlok. Saham Freeport anjlok lebih dari sembilan persen menjadi US$6,86 pada Senin 28 Desember 2015. Perusahaan juga melaporkan kerugian US$3,8 miliar pada kuartal ketiga.

Ke mana Moffett usai mundur? Freeport menyebut nantinya eksekutif berusia 77 tahun ini akan menjadi konsultan bagi direksi dan penasihat kegiatan operasional mereka di Indonesia. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya