Dukung Penguatan Rupiah, Begini Caranya

Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id - Kondisi ekonomi yang tidak stabil dan berbagai macam pengaruh dari beragam sektor lainnya telah membuat penurunan nilai rupiah belakangan ini. Banyak hal telah dilakukan oleh pemerintah untuk memperbaiki dan menstabilkan kembali nilai tukar rupiah yang semakin hari semakin merosot saja.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Namun di balik segala upaya yang telah dilakukan itu, tak sedikit juga orang yang melakukan berbagai macam analisa terhadap sistem perekonomian kita dan akhirnya mengeluarkan berbagai macam kritik dan sindiran tajam terhadap kinerja pemerintah.

Berbeda halnya dengan sejumlah netizen yang masih memiliki kepedulian terhadap merosotnya perekonomian negara kita belakangan ini, mereka bersikap lebih bijak dengan melakukan sebuah kampanye melalui gerakan #KuatkanRupiah yang akhirnya melahirkan beberapa poin penting di bawah ini:
Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

1. Tetap menyimpan rupiah
Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor

Penurunan nilai rupiah yang selalu gencar diberitakan oleh berbagai media massa telah menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi banyak orang. Hal ini berakibat timbulnya berbagai macam persepsi negatif yang kemudian akan menimbulkan banyaknya aksi penukaran rupiah terhadap dolar yang tentu saja akan menambah turunnya nilai rupiah terhadap dolar itu sendiri.

Sebagai masyarakat Indonesia, seharusnya kita dapat berpikir positif dan memiliki keyakinan akan terjadinya perbaikan ekonomi kita di hari yang akan datang, dan hal ini tentu saja akan menguatkan nilai rupiah. Berpikir dan bersikaplah lebih bijak dengan cara tidak ikut-ikutan melakukan penukaran rupiah ke dolar.


2. Gunakan produk lokal

Tindakan paling efektif yang dapat kita lakukan untuk memperkuat nilai rupiah adalah dengan cara mengurangi ketergantungan kita terhadap berbagai macam produk impor. Hal ini akan sangat berdampak positif terhadap menguatnya nilai rupiah karena konsumsi produk lokal yang tinggi akan secara otomatis mengurangi jumlah produk impor, yang pada dasarnya menjadi penyebab ketergantungan kita terhadap penggunaan dolar.

Cobalah untuk lebih banyak menggunakan produk lokal karena hal tersebut juga akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi negara kita dan juga meningkatkan nilai rupiah.

3. Jadikan rupiah sebagai alat transaksi

Berbagai sektor dalam industri di Indonesia menggunakan dolar sebagai alat transaksi keuangan yang sah, dan pada dasarnya hal ini dapat ditekan dengan membuat semacam regulasi yang mengharuskan penggunaan rupiah untuk semua transaksi keuangan yang terjadi di dalam negeri.

Seperti yang terjadi di dalam sektor pariwisata kita, banyak tempat atau daerah tujuan wisata yang menggunakan mata uang asing dalam transaksi keuangan mereka. Karena itu pemerintah perlu memantau kembali dan melakukan berbagai evaluasi kebijakan terhadap penggunaan dolar di industri pariwisata Indonesia.

Penggunaan rupiah dalam transaksi keuangan di sektor pariwisata akan membuat citra dan nilai rupiah semakin baik.


4. Tidak tergiur keuntungan forex

Banyak orang yang dengan sigap melakukan berbagai macam spekulasi terhadap tingginya nilai tukar dolar terhadap rupiah. Lalu dengan serta merta orang-orang ini akan melakukan penukaran sejumlah besar uangnya menjadi dolar dengan harapan kelak akan memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya. 

Berpikirlah lebih positif dan cobalah untuk mengerti bahwa keterpurukan bangsa ini adalah keterpurukan kita semua. Hindari tindakan yang sama sekali tidak bijak tersebut dan investasikan saja dana yang Anda untuk mendapatkan sejumlah keuntungan yang semestinya.

5. Sisihkan Sebagian untuk Kebaikan Ekonomi Kita

Pada dasarnya ada banyak orang dengan kemampuan finansial baik yang melakukan penyimpanan dolar sebagai cadangan di luar investasi mereka. Dalam kondisi yang sulit seperti ini, bila memiliki kemauan yang kuat tentu saja ini adalah saat yang tepat bagi orang-orang tersebut untuk melepas sebagian dari dolar-dolar tersebut dan menukarkannya ke dalam rupiah. Tindakan ini akan berdampak positif bagi menguatnya nilai rupiah.


Yuk, Kita Bantu Ekonomi Negeri Kita!

Dana yang ada kemudian dapat dialokasikan ke berbagai macam investasi keuangan yang relatif aman dan kuat menghadapi terpaan krisis. Jangan selalu memikirkan keuntungan yang berlipat ganda atas investasi yang akan Anda lakukan.

Anda tetap harus mencermati setiap bentuk dan keamanan yang dalam investasi yang anda akan lakukan. Percayalah, tindakan kecil yang dilakukan oleh banyak orang, akan berdampak besar pada sebuah perubahan dan perbaikan.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya