Setelah Mahakam, Pertamina Incar Blok Masela Maluku

Serah terima blok Mahakam ke Pertamina.
Sumber :
VIVA.co.id
Pertamina Pelajari Rencana PLN Caplok PGE
-  PT Pertamina ingin ikut mengelola Blok Masela, Maluku. Perusahaan pelat merah ini pun menyampaikan keinginannya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE
"Tadi kami menyampaikan dalam rapat terbatas bahwa Pertamina sudah beberapa kali menyampaikan permohonan agar kami bisa ikut mengelola Blok Masela. Kami siap ambil posisi (participating interest/PI) paling tidak sampai 25 persen," kata Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto, di Jakarta, Selasa 29 Desember 2015.

Pertamina Jamin Stok Premium Tetap Tersedia di Medan
Dwi mengatakan Pertamina ingin memiliki setidaknya puluhan persen saham di blok tersebut. BUMN energi ini terganjal masalah dana apabila ingin mempunyai saham mayoritas di blok tersebut.

"Jadi, target kami sejauh ini, ya, di angka itu sesuai dengan kemampuan finansial kami," kata dia.

Menurut Dwi, pihaknya belum mendapatkan respons dari operator existing, Inpex Corporation dan Shell Indonesia, terkait keinginan Pertamina. "Sejauh ini kami juga belum mendapatkan respons dari Inpex dan Shell selaku existing operator," kata dia.

Sekadar informasi, saat ini, Inpex Corporation, lewat anak usahanya Inpex Masela Ltd, memegang saham mayoritas di Blok Masela, yaitu 65 persen. Sisanya yang sebesar 35 persen dipegang oleh Shell Indonesia. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya