Ini Sikap Pemerintah untuk Freeport

Kementrian ESDM Perpanjangan Kontrak Freeport
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ismar Patrizki

VIVA.co.id - Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bambang Gatot Ariyono, menegaskan sikap pemerintah tidak berubah seiring dengan pengunduran diri Presiden Direktur James Moffet dari kursi pimpinan Freeport Mc Moran.

PMA Tak Merata Akibat Kurang Listrik
"Tidak ada pengaruhnya. Siapa pun Freeport (bosnya) harus taat," kata Bambang dalam konferensi pers di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Selasa 29 Desember 2015. Perusahaan tambang itu harus patuh terhadap aturan pemerintah.

Strategi Menteri Arcandra Targetkan PLTP 7.000 MW
Seperti yang diketahui, Menteri ESDM, Sudirman Said, tidak akan mencampuri keputusan mundurnya Moffet. Sudirman menyatakan menghormati keputusan pendiri Freeport itu.

Wapres: Elektrifikasi RI Terendah di ASEAN
"Tentu saja kami menghormati keputusan internal korporasi. Saya selalu menyambut positif setiap perubahan," kata dia di Jakarta, dikutip dalam keterangan tertulisnya, Selasa 29 Desember 2015.

Sudirman optimistis perubahan pimpinan Freeport McMoran bisa membawa suasana baru terhadap kerja sama Freeport dengan pemerintah Indonesia. Misalnya, dalam mengelola portofolio perseroan.

"Penyegaran chairman Freeport tentu akan membawa suasana baru, termasuk dalam pengelolaan portofolio dan stakeholder di Indonesia. Pemimpin baru selalu membawa suasana dan cara kerja baru," kata dia. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya