Kumpulan Penampakan Berbentuk Huruf dari Antariksa

Penampakan alam berbentuk huruf dari antariksa
Sumber :
  • www.dailymail.co.uk

VIVA.co.id - Bila sebelumnya kita selalu disuguhkan dengan penemuan bintang baru, atau benda aneh yang ditemukan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Namun, untuk saat ini, seorang ahli NASA mencoba merangkum rangkaian penampakan alam yang membentuk huruf.

Catat, Deretan Fenomena Astronomi Sampai Akhir 2016

NASA mengumpulkan kumpulan penampakan huruf, dengan mengandalkan satelit dan fotografi astronot.

Rangkaian huruf tersebut didapat dari struktur, atau fenomena alam yang terjadi di bumi. Untuk mengumpulkan 26 gambar huruf tersebut, ahli NASA bernama Adam Voiland membutuhkan waktu hingga dua tahun lamanya, sehingga berhasil menjadi rangkaian abjad lengkap.

Voiland menceritakan asal mula ia mengumpulkan gambar alam serupa abjad ini, berawal dari beberapa tahun yang lalu, saat ia menangkap penampakan huruf V dari kebakaran hutan di Kanada. Huruf tersebut muncul dari asap kebakaran hutan yang berbentuk V, kemudian diabadikan melalui citra satelit.

"Gambar yang membuat saya bertanya-tanya untuk bisa melacak semua 26 huruf, dengan menggunakan citra satelit NASA dan fotografi astronot," ujar dia dikutip Daily Mail, Rabu 30 Desember 2015.

Lalu, Voiland menjelajah ke dunia internet untuk meminta bantuan kepada netizen yang fanatik ilmu pengetahuan dan meminta mereka turut menjelaskan galeri yang dibuatnya, 'reading the ABCs from Space'. Tujuannya, agar setiap gambar yang ditemukan, memang benar-benar menyerupai huruf dari sudut pandangan berbagai orang lain.

"Ini pertama yang saya perhatikan, tetapi saya sedikit banyak meragukan untuk menemukan huruf-huruf, baik itu berasal dari awan, asap, debu, es, hingga fitoplankton yang terjadi di planet kita," kata dia.

Setelah meminta penjelasan dari orang lain, Voiland menyarankan orang tersebut menjawab dari temuannya, apakah gambar dari fenomana alam tersebut sudah serupa dengan huruf.

Disampaikannya, ejaan seperti huruf O dan C yang paling mudah dikenali, namun berbeda dengan huruf A, B, dan R yang dinilai paling sukar untuk mengenali bentuknya.

"Untuk menambahkan kesan pendidikan yang menyenangkan, saya menambahkan penjelasan bagaimana ejaan huruf itu ditemukan dari nama hingga tempatnya," ucap dia.

Seperti gambar huruf A yang ditemukan seperti pada gambar dari Utah Green River, lalu huruf B di sungai Arkansa yang terdapat di Amerika Serikat. Kemudian, gambar yang berbentuk huruf C ditemukan pada pulau buatan di Bahrain. (asp)

Kepala Lapan, Thomas Djamaluddin

Tips Sederhana Agar Bisa Saksikan Galaksi Bima Sakti

Cukup matikan lampu sekitar dan jalanan selama satu jam.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016