Ini Cara Operator Bantu Nelayan Panen Ikan di Laut

Nelayan Pamekasan, Madura mendapatkan bantuan dari XL Axiata
Sumber :
  • Xl Axiata

VIVA.co.id - PT XL Axiata Tbk (XL) menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Madura, untuk meningkatkan produktivitas nelayan setempat. Kolaborasi ini berupa pembagian sarana digital dari XL, yaitu aplikasi mFish yang dapat mendeteksi kerumunan ikan di laut.

Sebanyak 110 nelayan yang berasal dari enam desa di Pamekasan ini mendapatkan bantuan ponsel pintar dengan paket data selama enam bulan yang sudah terpasang aplikasi mFish, dan alat pengisi baterai ponsel bertenaga surya. Selain itu, XL juga melakukan pendampingan selama enam bulan kepada nelayan dalam efektivitas penggunaan mFish.

"Ini untuk mendukung masyarakat Madura dalam memajukan daerah melalui implementasi sarana telekomunikasi dan teknologi digital. Kami berharap, dengan menggunakan aplikasi mFish, masyarakat nelayan Pamekasan akan mampu meningkatkan hasil tangkapan mereka, yang pada akhirnya juga akan meningkatkan kualitas hidup," ujar Vice President East Region XL, Desy Sari Dewi dalam keterangan tertulisnya, Rabu 30 Desember 2015.

Aplikasi mFish ini memungkinkan dapat memberikan informasi mengenai beberapa titik lokasi menyemutnya ikan, sehingga dapat memudahkan nelayan saat berlayar. Sampai sekarang, aplikasi garapan XL itu sudah disebar di Lombok dan Bali.

Musim Haji, XL Sediakan Paket Khusus

Untuk itu, operator yang identik warna biru ini berharap nelayan di Madura dapat meraih manfaat seperti yang dialami dua lokasi sebelumnya.
 
Usai menyasar Kabupaten Pamekesan, XL dalam waktu dekat akan mengekspansi layananya itu ke Pemkab Bangkalan dan Sumenep. Dengan demikian, total kurang lebih 350 paket mFish akan dimanfaatkan di Madura dalam tahap awal ini.
 
Dari sisi jaringan pendukung, XL memiliki jaringan yang sangat memadai di seluruh Madura. Hal ini terbukti dari loyalitas masyarakat Madura yang menggunakan XL. Di Pulau Garam ini, XL adalah operator dengan jumlah pengguna terbanyak, yaitu sekitar 1,37 juta pelanggan. Total ada 795 Base Tranceiver Station (BTS) di seluruh Madura, dan sebanyak 380 di antaranya adalah BTS 3G. (ren)

Perawatan BTS 4G.

XL Terapkan Teknologi Penunjang 4G LTE

Teknologi tersebut yaitu 4T4R dan IP Multimedia Subsystem (IMS).

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016