Solusi Telkomsigma Dukung Pajak Online DKI

Kerja sama pajak online DKI dan Telkomsigma
Sumber :
  • Telkomsigma

VIVA.co.id - Target penerimaan pajak restoran DKI Jakarta tahun 2015 adalah Rp2,1 triliun. Dinas Pelayanan Pajak (DPP) DKI Jakarta pun berupaya merealisasikan pajak online terintegrasi bekerja sama dengan Telkomsigma.

Telkomsigma mengklaim DPP DKI telah memanfaatkan solusi IT end-to-end miliknya. Beberapa di antaranya seperti perangkat dan juga solusi komputasi awan (cloud) atau backup server untuk mempermudah pelaporan dan pembayaran wajib pajak secara transparan.

"Saat ini fasilitas pelayanan pajak harus dibangun dan diselaraskan dengan perkembangan jaman yang menitikberatkan pelaksanaan kegiatan berbasis pada teknologi informasi dan komunikasi. Salah satunya untuk mencatat  transaksi  penjualan  usaha  wajib  pajak  hotel, hiburan dan restoran yang terdiri dari perangkat keras yang sudah siap pakai," ujar Presiden Direktur Telkomsigma Judi Achmadi, dalam keterangan resminya, Rabu, 30 Desember 2015.

Dikatakan Judi, dari data yang diketahuinya, realisasi penerimaan pajak DPP DKI hingga 29 Desember 2015  adalah Rp2,2 triliun lebih. Sementara total wajib pajak restoran di Jakarta diketahui ada 11.000 lebih. Oleh karena itu, kata dia, solusi IT Telkomsigma akan membantu untuk merekam transaksi  penjualan, mendokumentasikan laporan penjualan, serta mengirimkan data tersebut ke DPP sehingga mempermudah proses pelaporan pajak atas omset hasil usaha setiap bulannya.

Pemprov DKI Jakarta memulai terobosan baru ini melalui DPP, menyediakan alat pencatat transaksi penjualan bagi wajib pajak yang belum memiliki alat tersebut sehingga tidak memberatkan wajib pajak untuk mengadakan atau membeli sendiri.

“Pencatatan transaksi penjualan usaha langsung terintegrasi dan dapat dilakukan secara online. Seluruh data yang tercatat akan terbackup dengan solusi cloud Telkomsigma terhadap kemungkinan terjadinya disaster (bencana). Sehingga data tetap aman dan proses pelaporan tetap dapat berjalan dengan semestinya,” kata Judi.

Ditambah, kata dia, sinergi Telkom Group dan Telkomsel juga berperan dalam penyediaan sistem komunikasi antara perangkat keras ke data center DPP dan data center Cloud, memperkuat solusi digital yang akan berjalan di DPP DKI Jakarta.

“Saat ini implementasi yang dilakukan sebanyak 5.555 unit perangkat  akan ditempatkan di hotel, restoran, dan tempat hiburan kelas menengah di wilayah DKI Jakarta. Di mana aplikasi sistem penerimaan data dan informasi laporan transaksi dapat langsung terhubung ke DPP DKI Jakarta dan dapat diakses secara online,” ujar Kepala Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta, Agus Bambang Setyowidodo.

Telkomsigma telah lama bermain di solusi Teknologi Informasi (TI) pelayanan publik. Anak usaha Telkom ini telah membantu solusi e-ticketing pada transportasi umum yaitu kereta api atau KCJ dan juga industri parawisata di Taman Wisata Borobudur.

Selain Bandung, Telkomsigma Siap Garap Smart City Lain
Hari Belanja Online Nasional 2014

E-Commerce Asing Akan Kena Pajak Lebih Besar

Aturan dibuat agar Indonesia dapat bersaing di MEA.

img_title
VIVA.co.id
15 Januari 2016