Pengusaha Nasional Optimistis Kuasai Pasar ASEAN Lewat MEA

Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Sofjan Wanandi: Demo Tak Pengaruh Iklim Investasi
- Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) mulai diberlakukan. Pengusaha pun optimistis bisa menguasai pasar Asia Tenggara dengan adanya MEA.

Singapura Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2016
"Kami melihatnya positif. Justru pemikiran kami, kita harus menjadi pemimpin ASEAN dan menargetkan ke sana, bukan posisinya menghadang mereka," kata Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Hariyadi Sukamdani, saat dihubungi VIVA.co.id, Kamis 31 Desember 2015.

Kementerian ESDM Perpanjang Izin Ekspor Freeport?
Hariyadi mengatakan, bahwa produk-produk Indonesia tidak kalah bersaing dengan produk-produk buatan negara-negara ASEAN, baik dari kualitas maupun harga. Bahkan, dia optimistis produk Indonesia tidak bisa tergantikan di pasar ASEAN.

"Misalnya batik. Rasanya berat kalau produk-produk ASEAN mau menggantikan produk kita yang ini," kata dia.

Hariyadi mengakui, masih ada produk Indonesia yang kalah dari negara-negara ASEAN. Misalnya, produk hortikultura seperti buah. Kualitas buah-buahan Indonesia masih di bawah Thailand. Dia memandang hal ini menjadi motivasi untuk memperbaiki sektor hortikultura supaya bisa lebih unggul.

"Artinya, itu cambuk buat kita supaya bisa memperbaiki kualitasnya," kata dia.

Hariyadi melihat negara-negara di kawasan ini, belum menggarap pasar ASEAN sepenuhnya. Dia menambahkan, pihaknya pun tidak begitu khawatir dengan Vietnam, Thailand, dan Malaysia.

"Mereka lebih banyak mengekspor ke Amerika dan Eropa. Justru yang di ASEAN itu sisanya," kata dia.

Justru yang dikhawatirkan pengusaha adalah Tiongkok. Hariyadi mengatakan, Negara Tirai Bambu ini merupakan negara produsen dan eksportir terbesar di dunia. Pengusaha khawatir dengan serbuan produk buatan Tiongkok ke pasar dalam negeri.

"Apalagi saat ini mereka lagi drop dan jualan ke mana-mana. Potensi mereka menguasai wilayah cukup besar, terlebih saat yuan dilemahkan," kata dia. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya