RESEP: Ayam Panggang Klasik untuk Rayakan Tahun Baru

Ilustrasi ayam panggang
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
RESEP: Smoothies Pelangi Segar Ala Sisca Soewitomo
- Menyambut Tahun Baru, Anda bisa melakukannya dengan sederhana dan bebas kemacetan, yaitu dengan mengadakan pesta kecil-kecilan di rumah. 

RESEP: Lezatnya Ayam Bakar Taliwang Buatan Rumah
Anda bisa mengundang keluarga, atau teman dekat. Tak perlu khawatir dengan hidangan yang harus Anda masak, karena hidangan lezat tak selalu harus dibuat dengan resep yang rumit dan merepotkan.

RESEP: Salad Pepaya Muda Khas Thailand, Pedas dan Segar
Salah satu hidangan yang mudah dan cocok disajikan di perayaan malam Tahun Baru adalah ayam panggang. Anda bisa membuat sajian ini lebih spesial dengan memanggang ayam dalam bentuk utuh yang dapat dipotong-potong langsung di meja makan, setelah keluar dari oven.

Meski banyak bumbu dan jenis saus yang bisa Anda gunakan untuk membuatnya, namun tak ada salahnya Anda memilih resep ayam panggang klasik. Berikut ini adalah resep lengkapnya seperti dilansir dari BBC Good Food.

Ayam Panggang Klasik

Bahan-bahan

-1 bawang bombay, potong kasar
-2 wortel, potong kasar
-1 ekor ayam utuh (1 1/2 kilogram)
-1 buah jeruk lemon
-Seikat thyme
-Garam dan lada secukupnya
-Butter

Bahan saus

-1 sdm tepung terigu
-250 mililiter kaldu ayam

Cara membuat

1. Panaskan oven hingga suhu 190 derajat celsius untuk oven kipas, atau 170 derajat celsius untuk oven gas.

2. Masukkan bawang bombay dan wortel yang telah dipotong-potong ke dalam wadah anti panas. Oleskan rongga bagian dalam ayam dengan garam dan lada, lalu masukkan setengah jeruk lemon dan thyme.

3. Letakkan ayam di atas bawang bombay dan wortel di dalam wadah anti panas. Oleskan butter ke seluruh permukaan ayam, terutama bagian dada dan pada. Lalu, taburi garam dan lada ke seluruh permukaan daging ayam.

4. Panggang ayam selama satu jam 20 menit. Setelah matang, keluarkan ayam dari oven, ambil jeruk lemon dan thyme dan diamkan ayam selama 15-20 menit sebelum dipotong-potong dan disajikan.

5. Selama ayam didiamkan, buat saus dengan air dari ayam yang menetes ke wadah saat dipanggang. Caranya, dengan menuangkan air sisa panggangan ayam bersama bawang bombay dan wortel ke dalam panci berukuran sedang.

Tambahkan kaldu ayam dan tepung terigu. Masak selama dua menit. Anda bisa menghaluskan wortel dan bawang bombay langsung di panci dengan menggunakan stand mixer. Setelah mengental, matikan api dan saring saus.

6. Sajikan ayam panggang selagi hangat bersama saus gravy. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya