Terapkan Lima Langkah Jitu Ini Atasi Inflasi

Sumber :

VIVA.co.id - Ada beragam imbas yang akan terjadi akibat merosot dan melemahnya sistem perekonomian, salah satu hal yang paling sering terjadi adalah inflasi.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Inflasi menyebabkan naiknya harga barang-barang di pasaran, serta tingginya biaya yang harus dikeluarkan oleh sektor produksi. Hal ini terjadi, akibat menurunnya nilai mata uang.

Banyak orang yang tidak mengerti dan menyadari betapa besar efek yang diakibatkan oleh terjadinya sebuah inflasi, meskipun hal yang sesungguhnya dapat dirasakan, saat orang-orang mengalami kesulitan dalam memenuhi segala kebutuhan hidupnya.
Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Inflasi akan dengan cepat memengaruhi daya beli masyarakat terhadap segala macam kebutuhan pokok, dan menimbulkan banyak sekali efek negatif di dalam sistem perekonomian secara keseluruhan.
Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor

Pada kenyataannya, tak ada hal yang dapat Anda lakukan untuk menghentikan inflasi, namun beberapa langkah di bawah ini dapat dijadikan sebagai persiapan diri dalam menghadapi inflasi:

1.  Mempelajari seni berinvestasi

Meskipun inflasi bukan suatu hal yang dapat dihentikan, namun Anda dapat melakukan pencegahan terhadap efek yang akan ditimbulkannya di dalam keuangan Anda. Salah satu langkah tepat yang dapat dilakukan adalah dengan cara melakukan investasi dalam bentuk saham maupun obligasi.

Dengan melakukan investasi dalam bentuk saham atau obligasi, Anda melakukan tindakan yang berani menghadapi risiko. Namun, hal itu akan sebanding dengan keuntungan yang akan didapatkan nantinya. Lakukanlah pengumpulan informasi yang cukup dan mulailah memahami dan mencoba untuk mendapatkan segala informasi tambahan yaang Anda butuhkan dari seseorang yang ahli di bidang ini.


2. Mencari suku bunga yang tetap

Pastikan setiap layanan perbankan maupun investasi Anda memberikan layanan suku bunga yang tetap. Hal ini sangat penting untuk mengantisipasi kenaikkan iuran dan biaya lainnya saat terjadi inflasi.

Saat terjadi inflasi, maka kenaikan harga adalah satu hal yang tidak dapat dicegah dan dihindari. Hal ini juga akan secara otomatis menimbulkan kenaikan iuran rutin dan segala macam biaya yang harus Anda keluarkan dalam pengelolaan keuangan Anda.

3. Membeli sebuah rumah

Membeli dan memiliki sebuah rumah adalah langkah tepat untuk menghadapi inflasi, hal ini akan sangat berdampak baik bagi keuangan. Apalagi, mengingat rumah adalah aset tetap, yang nilainya akan terus naik dan bertambah setiap tahunnya.

Hilangkan keraguan untuk memiliki sebuah rumah. Bila ternyata Anda tidak memiliki dana yang cukup untuk melakukannya, Anda dapat mencari dana tambahan melalui pengajuan kredit tanpa agunan (KTA), atau kredit pemilikan rumah (KPR) ke bank.


4. Membuka diri terhadap pilihan

Dalam setiap perencanaan keuangan, hendaklah Anda memiliki lebih dari satu rencana. Sehingga, saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan rencana keuangan, Anda masih akan memiliki serangkaian rencana lainnya yang dapat dijadikan pilihan.

Lakukan pengelolaan keuangan dengan cara yang bijak, menabunglah untuk berbagai macam kebutuhan darurat, yang mungkin saja terjadi pada diri Anda.
Cermati segala sesuatu yang berhubungan dengan investasi dan minimalkan segala pengeluaran yang mungkin terjadi akibat adanya inflasi.

5. Tetap hidup dengan hemat

Inflasi akan memberi pengaruh yang cepat pada kenaikan harga berbagai macam kebutuhan pokok, karena itu mulailah mengatur dan meminimalisir segala bentuk pengeluaraan. Lakukan beberapa terobosan bijak di dalam keseharian, hal ini bertujuan untuk menghemat segala pengeluaran yang harus Anda keluarkan:

• Beralihlah kepada angkutan umum dan meninggalkan sementara kebiasaan menggunaakan kendaraan pribadi dalam melakukan aktivitas.

• Berbelanja hemat dengan cara menggunakan berbagai penawaran diskon dan penawaran khusus yang diberikan oleh kartu kredit. Namun, selalu ingat bahwa setiap pembelanjaan atau pengeluaran yang Anda lakukan dengan menggunakan kartu kredi adalah utang, karena itu bijaklah dalam menggunakannya.


Pahami efek dari inflasi

Satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan dalam mengantisipasi inflasi adalah dengan cara memahami dan mengerti akan efek yang diitimbulkan inflasi tersebut terhadap daya beli Anda sendiri. Lalu, pastikan Anda telah memiliki berbagai macam strategi dalam melindungi keuangan Anda.


(asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya