3-12-1961: AS Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Kuba

Bendera nasional Kuba berkibar di gedung kedutaan di Washington
Sumber :
  • REUTERS/Andrew Harnik

VIVA.co.id - Puncak dari memburuknya hubungan antara Amerika Serikat dan pemerintah Fidel Castro di Kuba, Presiden Dwight D. Eisenhower menutup Kedutaan Amerika di Havana dan memutuskan hubungan diplomatik dengan Kuba.

Tindakan itu memberikan sinyalemen bahwa AS tengah menyiapkan tindakan yang ekstrem untuk melawan rezim Castro, yang dikhawatirkan oleh Amerika akan menjadikan negara itu sebagai pijakan komunisme di Barat. Dasar keputusan Amerika adalah ucapan Castro yang mengatakan AS telah menggunakan kedubesnya di Havana sebagai mata-mata.

Dikutip dari History, hubungan antara Amerika Serikat dan Kuba terus menurun sejak Castro merebut kekuasaan pada awal 1959. Para pejabat AS segera yakin bahwa pemerintah Castro yang terlalu anti-Amerika tak dapat dipercaya, dan mereka takut bahwa Castro mungkin akan menjerumuskan Kuba dalam blok komunis.

Awal 1960, menyusul keputusan Castro untuk menandatangani perjanjian perdagangan dengan Uni Soviet, pemerintahan Eisenhower mulai membiayai dan melatih sekelompok orang buangan Kuba untuk menggulingkan pemimpin Kuba.

18-02-1964: AS Hukum Negara Mitra Dagang Kuba

Castro menanggapi sikap AS itu dengan meningkatkan program nasionalisasi properti asing dan perusahaan. Sebagai sanksinya, Amerika Serikat mulai menerapkan pengurangan dalam perdagangan dengan Kuba. Penghentian hubungan diplomatik pada 3 Januari 1961 adalah puncak dari sebuah situasi yang semakin sengit.

Pemutusan hubungan diplomatik menandai akhir dari kebijakan Amerika yang sebelumnya berusaha untuk menyelesaikan perbedaan dengan pemerintah Castro melalui diplomasi. Beberapa bulan kemudian, Presiden John F. Kennedy melepaskan kekuatan pengasingan Kuba yang didirikan pada masa Eisenhower.

Hal ini menyebabkan bencana Teluk Babi, di mana militer Castro tewas atau ditangkap pasukan di pengasingan. 

KTT AS-ASEAN, Pertemuan Besar Bermakna Ganda

Meski kini sudah kembali mencair dan hubungan diplomatik kembali terjalin, hubungan antara Amerika Serikat dan Kuba usai insiden Teluk Babi menjadi salah satu yang terburuk dalam masa Perang Dingin.

Bendera AS dan China

2-3-1969: Militer Soviet dan China Terlibat Baku Tembak

Ketegangan Soviet dan China akhirnya dimanfaatkan Amerika.

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2016