Trafik Telekomunikasi Naik Drastis Saat Perayaan Tahun Baru

BTS Combat
Sumber :
  • Telkomsel

VIVA.co.id - Telkomsel mengatakan, lonjakan trafik telekomunikasi saat perayaan tahun baru 2016, sesuai dengan prediksi sebelumnya.

Perlebar Transaksi Non Tunai, Telkomsel Gandeng KFC

Dari hasil pemantauan Telkomsel menjelang tahun baru, trafik layanan data dan pesan singkat (SMS) mengalami kenaikan paling tinggi secara nasional. Itu bila dibandingkan hari normal di 2015.

Dijelaskan, layanan data mengalami kenaikan sebesar 18 persen secara nasional, menjadi sekitar 1.970 Terabyte, dibandingkan hari normal pada 2015. Layanan SMS juga lebih dari 20 persen, menjadi 1,05 miliar pesan.

Telkomsel Rilis Paket 3 in 1 Bagi Jemaah Haji

Sementara itu, layanan suara tercatat naik sebesar lima persen, menjadi 1,61 milliar menit, dibandingkan hari normal 2015.

“Kami bersyukur, malam pergantian tahun dapat dilalui dengan baik, meski terjadi lonjakan trafik komunikasi yang cukup tinggi pada jaringan kami secara nasional. Bagi kami, kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi di saat spesial, seperti tahun baru, amat penting," ujar Vice President Corporate Communication Telkomsel, Adita Irawati, dalam keterangan tertulisnya, Minggu 3 Januari 2015.

Layanan Data dan Internet Tumbuhkan Bisnis Telkom

Wilayah yang mengalami lonjakan trafik telekomunikasi, semuanya berasal dari tujuan wisata. Wilayah Pantai Anyer dan Pantai Carita, mengalami kenaikan layanan data lebih dari 150 persen, yakni masing-masingnya 187 persen dan 152 persen.

Kenaikan signifikan juga terjadi di tempat wisata lainnya, seperti Kota Bunga Puncak, Pantai Pangandaran dan Taman Impian Jaya Ancol.

"Kenyamanan pelanggan saat merayakan malam pergantian tahun baru, sudah menjadi perhatian kami sejak awal, khususnya di titik-titik keramaian utama atau Point of Interest (PoI), dengan peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan," jelas Vice President ICT Network Management Area Jabodetabek Jabar Telkomsel, Juanita Erawati.

Sebelumnya, anak perusahaan dari Telkom ini telah melakukan sejumlah peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan, di seluruh Indonesia. Pengawalan jaringan dilakukan Telkomsel, khususnya terhadap 665 titik keramaian utama, yang tersebar di berbagai lokasi di Indonesia. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya