VIDEO: Merekam Jatuhnya Roket Rusia

Hujan meteor Perseid di Inggris
Sumber :

VIVA.co.id - Seorang pria di Thailand bernama Charnchai Jardpimai tak sengaja merekam jatuhnya sampah antariksa. Saat itu dia iseng berswafoto (selfie) dengan menggunakan ponselnya dan tongkat narsis (tongsis).

Jatuhnya sampah antariksa itu terekam cukup jelas dalam rekaman video. Sampah antariksa yang jatuh itu muncul seperti halnya penampakan meteor yang jatuh, mengeluarkan ekor berasap.

Dikutip dari Huffington Post, Senin 4 Januari 2016, belakangan diketahui penampakan sampah antariksa itu merupakan serpihan dari roket Rusia.

Jardpimai lalu mengunggah video penampakan sampah antariksa itu ke YouTube. Jardpimai mengaku awalnya ia merekam video melalui tongsis di sebuah lahan di Provinsi Phitsanulok, akhir pekan lalu.

Tapi saar rekaman berjalan sampai 54 detik, dia tiba-tiba menemukan objek terbang di udara. Objek tersebut terbang bercahaya dan tampak sekitar satu menit sebelum objek menghilang 'ditelan' cakrawala.

Jardpimai mengira awalnya objek yang terekam tersebut adalah meteor, tapi rekaman objek itu kemudian diketahui serpihan roket Rusia.

Sebab menurut Astronomical Reserach Intitute of Thailand, sebagaimana dilaporkan Bangkok Post, objek itu dikatakan adalah serpihan dari roket Rusia. Serpihan itu meluncur ke bumi setelah peluncuran satelit cuaca dari Kazakhstan pada 11 Desember 2015.

Deputi Direktur Astronomical Reserach Intitute of Thailand, Saran Poshayachinda mengatakan serpihan itu ditetapkan tak berbahaya untuk penduduk bumi. Dia meyakini serpihan tersebut akan jatuh di Samudera Pasifik.

Catat, Deretan Fenomena Astronomi Sampai Akhir 2016
Kepala Lapan, Thomas Djamaluddin

Tips Sederhana Agar Bisa Saksikan Galaksi Bima Sakti

Cukup matikan lampu sekitar dan jalanan selama satu jam.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016