MEA, Jokowi Biarkan Dunia Usaha Bersaing Sendiri

Presiden Joko Widodo berbincang dengan Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Jokowi: Tax Amnesty Jadi Jawaban Merebut Dana Investasi
- Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) mulai bergulir pada tahun ini. Pemerintah pun memastikan tidak akan memberikan proteksi lebih kepada dunia usaha, karena dianggap justru akan melemahkan daya saing industri dalam negeri.

Disindir Jokowi Soal Anggaran, Ini Kata Gubernur Aher
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo,  meminta kepada para pengusaha agar tidak berharap lebih terhadap kebijakan pemerintah yang berpihak pada dunia usaha. Fokus saat ini, adalah bagaimana memperbaiki birokrasi yang menghambat dunia usaha.

Jokowi 'Semprot' Ahok Soal Serapan Anggaran
"Tidak mungkin kami melakukan proteksi, perlindungan atau memberikan subsidi berlebih. Jangan berharap negara ini akan memproteksi. Era persaingan sudah di depan kita. Apa yang kami lakukan, adalah memperbaiki. Hanya itu," ujar Presiden di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin 4 Januari 2016.

Delapan paket yang diluncurkan, kata Jokowi, hanya bertujuan untuk memperbaiki iklim dunia usaha, agar mampu berkompetisi dengan baik. Oleh karena itu, ia meminta kepada seluruh industri dalam negeri agar tidak lagi bergantung terhadap pemerintah.

"Paket akan terus dikeluarkan agar daya saing, daya kompetisi semakin baik. Tidak ada cara lain," kata dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya