FOTO: Wajah Baru 'Teras' Sungai Cikapundung

Teras Cikapundung
Sumber :
  • VIVA.co.id/Riska Herliafifah
VIVA.co.id
Menikmati Bandung Plus Plus
- Ruang publik terbaru di Bandung ini sepertinya akan menjadi tempat populer selanjutnya, setelah kawasan lain di kota kembang. Suasana yang sejuk dengan pepohonan dari hutan Babakan Siliwangi dan aliran sungai Cikapundung, bisa menambah suasana baru bila berkunjung ke Bandung.

Cara Ridwan Kamil Kembangkan UKM di Bandung
Namanya, Teras Cikapundung atau yang disingkat TeCi. Tempat ini merupakan ruang publik dengan konsep ekologi di sekitar aliran sungai Cikapundung. Dinamakan teras, karena ini menjadi halaman depan untuk aliran sungai tersebut.

Ridwan Kamil Sebut Produk UKM Bandung Sudah Mendunia
Sungai Cikapundung sendiri adalah sungai yang membelah Kota Bandung, mulai dari utara sampai selatan.

Di sini, warga Bandung bisa memanfaatkan ruang yang ada. Berkumpul, bermain, berkeliling dengan perahu atau sekedar foto-foto.

Terdapat banyak fasilitas yang ada di Teras Cikapundung dengan konsep urban. Diantaranya, jembatan merah yang menjadi penghubung bantaran sungai. Banyak pasangan yang berfoto di sana, lho!

Selain itu juga ada area untuk duduk yang didesain dengan terasering yang menghadap panggung dan sungai.

Berikut beberapa fasilitas yang ada di Teras Cikapundung.

Amphitheater

Mengusung konsep ekologi, amphitheater ini tetap memperhatikan tata kelola lingkungan yang baik. Di area amphitheater dibuat sumur resapan yang berjumlah 15 buah. Di Amphitheater, masyarakat bisa melakukan aktivitas pertunjukan atau bisa jadi tempat nonton bareng.

Air mancur

Air yang terdiri dari beberapa lubang ini mengalun mengikuti irama. Banyak anak-anak yang ikut menari sambil bermain air, menikmati segarnya udara.

Kolam

Di sini pun nantinya dilengkapi dengan adanya kolam ikan, hutan kota, sawah, dan lain-lain. Kolam ikan yang ada di sini akan diisi dengan ikan-ikan khas Sungai Cikapundung yakni badar, kehkel, dan beunteur.

Di waktu malam, suasana Teras Cikapundung sangat indah dan romantis. Ditambah dengan tata lampu dan udara Bandung di malam hari, semakin menambah keindahannya.

Teras Cikapundung
Kawasan Hutan Kota Babakan Siliwangi (Baksil)
Jalan Siliwangi, Bandung

Cikapundung

Suasana Teras Cikapundung di Bandung pada malam hari. Foto: VIVA.co.id/Riska Herliafifah

Cikapundung

Suasana Teras Cikapundung di Bandung pada malam hari. Foto: VIVA.co.id/Riska Herliafifah
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya