Cortana Hadir di 50 Juta Smartphone Pesaing Android

Cortana hadir di Android
Sumber :
  • www.engadget.com

VIVA.co.id - Microsoft telah mencapai kesepakatan untuk menyebarkan asisten virtualnya, Cortana pada ponsel pintar yang sistam operasinya berbasis CyanogenMod, pesaing dari Android. Ini merupakan bentuk memperluas kemitraan Microsoft dengan Cyanogen.

Kerjasama ini memiliki arti. Dengan demikian Microsoft dapat menyebarkan Cortana pada puluhan juta yang terpasang sistem operasi CyanogenMod di seluruh negara.

Dilansir Business Insider, Selasa 5 Januari 2016, berdasarkan data terakhir pada Agustus lalu, CyanogenMod yang merupakan sistem operasi Android tapi tidak berafiliasi dengan Google, telah digunakan lebih dari 50 juta smartphone.

Selama ini, Microsoft tengah berjuang mendorong untuk menumbuhkan sistem operasi buatannya sendiri, Windows Mobile. Namun, dalam kesepakatan Cyanogen ini, Microsoft tidak melibatkan Windows Mobile, hanya mendapatkan 'jalan' penyebaran Cortana ke lebih banyak perangkat.

Disebutkan, Cortana bisa dimanfaatkan oleh pengguna untuk mengatur jam tidur sang pemilik hingga melakukan tugas yang diperintahkan pengguna melalui suara.

Sejak dinahkodai oleh Satya Nadella sebagai Chief Executive Officer (CEO) Microsoft pada Februari 2014, ia banyak mengubah visi perusahaan. Saat ini, perusahaan peranti lunak ini lebih cenderung mengembangkan layanan Microsoft dengan bekerjasama dengan pihak lain.

Dikatakan Nadella, tujuannya ini untuk memberdayakan para individu melalui layananya, seperti Office atau Cortana. Artinya, produk dari perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates ini harus tersedia secara luas. (ren)

Menjajal Cortana, Asisten Virtual Seksi ala Microsoft
Cortana hadir di Android

Asisten Virtual Wanita Cortana Hadir di Android

Cortana dalam Android masih dalam versi beta.

img_title
VIVA.co.id
25 Agustus 2015