Obat Ini Berbahaya Dikonsumsi Selama Bepergian

Ilustrasi suplemen.
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
5 Bukti Kepribadian Menentukan Tempat Berlibur Anda
- Pelesir sering dipilih sebagai cara ampuh untuk menghilangkan stres dari kegiatan sehari-hari yang melelahkan. Tempat yang dituju pun beragam, seperti pantai, gunung, atau sekadar keliling museum.

Menikmati Liburan Nyaman di Kapal Pesiar

Tapi pernahkah Anda merasa cemas selama perjalanan? Seperti cemas mengenai keamanan rumah, penerbangan tertunda, data diri hilang, pertengkaran dengan keluarga atau kemacetan lalu lintas? Kecemasan tersebut bisa memicu Anda mengonsumsi obat agar lebih tenang.
Menyusuri Sungai Cigenter, 'Amazon' di Ujung Kulon


Dikutip dari
Fox News
, ternyata mengonsumsi obat dapat memicu masalah kesehatan lainnya. Dalam beberapa kasus, obat penenang benzodiazepin, seperti ativan, klonopin dan xanax memang dapat membantu mengurangi kecemasan. Tapi obat-obatan ini juga bisa berbahaya apabila dikonsumsi tanpa resep dokter.


Bagi orang-orang yang suka mengonsumsi pil ini selama dalam penerbangan atau saat liburan dapat menyebabkan efek samping sebagai zat adiktif.


Selain itu, obat ini juga membuat orang menjadi sangat mengantuk serta jantung berdebar setelah turun dari pesawat. Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, pemakainya dapat merasakan kecanduan setelah liburan berakhir.


Kemudian, apabila konsumsi obat-obatan akan dihentikan dapat menimbulkan masalah baru seperti insomnia, kejang otot, masalah lambung dan depresi pascaliburan.


Selain itu, jangan pernah mencampur obat-obatan dengan alkohol karena dapat meningkatkan rasa lelah berlebihan, kehilangan daya ingat dan penurunan konsentrasi.


Sebenarnya ada beberapa cara mengurangi kecemasan Anda ketika bepergian tanpa harus tergantung dengan obat-obatan, di antaranya siapkan dana yang cukup atau sedikit berlebih agar liburan Anda tak terganggu karena kurangnya anggaran, tarik napas dan latihan peregangan untuk membuat Anda lebih relaks ketika stres datang.


Sempatkan waktu untuk melakukan pemijatan atau ke gym di sekitar tempat berlibur Anda dan nikmati liburan Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya