Alfamart Ajak Pedagang Tradisional Belajar Manajemen Ritel

Sumber :

VIVA.co.id - Dalam upaya mengakomodasi pedagang tradisional untuk lebih berkembang PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) menggelar pelatihan manajemen ritel bagi pedagang toko kelontong di wilayah Jakarta.

Aprindo Jelaskan Soal Minimarket Mainkan Harga

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id, Senin 11 Januari 2016, Wakil Gubernur DKI JAkarta DJarot Saiful Hidayat mengatakan pemerintah mendukung aksi perusahaan swasta dalam mengakomodasi pedagang tradisional untuk lebih berkembang.

"Namun pelatihan ini sifatnya hanya brainstorming, yang terpenting juga adalah kesadaran dan keinginan pelaku usaha untuk bisa berkembang,” tutur Djarot.

Ramayana Susun Strategi Demi Raup Rp8,3 Triliun
Sementara itu Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin mengatakan, pelatihan yang melibatkan para pelaku UMKM ini digelar secara rutin setiap tahun dan di setiap wilayah yang memiliki jaringan toko Alfamart. 

Sri Mulyani: Nilai Perjanjian WIEF US$900 Juta, Masih Kecil
“Tujuannya, mengajak para UMKM khususnya yang juga memiliki bisnis ritel untuk memahami manajemen ritel modern," ujarnya.

Solihin menambahkan, ritel tradisional dan ritel modern sudah saatnya tumbuh berdampingan dan harus bersinergi. Dalam pelatihan tersebut, Alfamart membagikan ilmu soal pelayanan konsumen, penataan barang, dan pengelolaam keuangan,.

Sedangkan bentuk sinergi yang dilakukan Alfamart dengan peritel tradisional yakni melalui program Outlet Binaan Alfamart (OBA). Program tersebut dijalankan dalam dua bentuk.

Pertama, memberi pelatihan manajemen ritel. Kedua, menyediakan layanan pesan antar barang dagangan dengan harga khusus bagi member pedagang OBA. Selain itu, juga ada bedah warung yang dijalankan bagi member terpilih.

“Pedagang ritel tradisional perlu dibekali dengan ilmu manajemen ritel modern agar memiliki daya saing,” tuturnya.

Adapun materi yang disampaikan dalam pelatihan manajemen ritel modern ini antara lain, tentang manajemen penataan barang, pengaturan stok barang, manajemen keuangan (cash flow), serta tips mengamati tren pasar terkait produk yang sedang diminati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya