Berencana Kuliah di 2016, Ini Tips Pendanaannya

Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
- Kondisi perekonomian yang tidak stabil belakangan ini membuat segala macam kebutuhan pokok menjadi sangat mahal dan sulit untuk dipenuhi. Hal ini juga memengaruhi  tingginya biaya pendidikan di negara kita.

Manfaat dan Risiko Investasi Obligasi
Banyak orang yang akhirnya berpikir ulang melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi karena terkendala faktor biaya. Di Indonesia biaya pendidikan memang tergolong cukup mahal, termasuk biaya untuk melanjutkan kuliah, terutama bagi Anda yang menginginkan kuliah di perguruan tinggi yang telah memiliki nama dan mutu yang cukup baik di masyarakat.

Bangun 'Mindset' Bisnis UKM Sukses Ala Steve Jobs
Namun apapun kondisi yang dihadapi, tetap harus menomorsatukan pendidikan karena hal tersebut akan menjadi modal penting bagi Anda untuk dapat menata masa depan dan meraih cita-cita. Jangan pernah menyerah dan putus asa sebab tak ada kesuksesan yang dapat diraih tanpa kerja keras dan usaha yang maksimal.

Untuk membantu Anda, berikut ini adaah beberapa poin yang dapat dijadikan solusi bagi masalah dana kuliah. Cermati dan pilih yang paling sesuai dengan Anda:

1. Mencari beasiswa

Ini adalah langkah paling mudah untuk Anda jadikan sebagai solusi dalam mendapatkan dana kuliah, terutama bagi yang memiliki kemampuan dan nilai belajar sangat baik. Anda dapat menjadikan beasiswa sebagai jalan ke luar bagi permasalahan uang kuliah.

Ada banyak sekali jenis beasiswa yang dapat anda temukan di Indonesia, baik itu yang pendanaannya berasal dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Anda hanya perlu aktif dan memiliki komitmen dalam mendapatkan beasiswa tersebut. Karena dengan kecerdasan, Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk memenuhi segala persyaratan yang diajukan pihak pemberi dana.


2. Mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Ini hanya dapat dilakukan oleh anda yang telah bekerja dan memiliki penghasilan tetap, namun ingin melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi. Ada banyak alasan kenapa orang ingin melanjutkan kuliahnya meskipun pada dasarnya dia telah memilki pekerjaan tetap yang memberinya penghasilan setiap bulannya, salah satunya adalah jenjang karier dan jabatan yang lebih tinggi di perusahaan.

Bila ternyata saat akan melanjutkan kulian mengalami masalah dana, maka Anda dapat mengajukan KTA sebagai solusinya. Pilih dan ajukan KTA yang memiliki persyaratan simpel dan tidak merepotkan serta memiliki bunga yang kecil.

3. Bekerja freelance

Bila Anda mengalami kesulitan untuk bekerja full time dan berada di kantor dalam waktu yang panjang, maka pekerjaan freelance akan sangat cocok bagi Anda karena jenis pekerjaan ini sangat fleksibel dan dapat Anda kerjakan di luar kantor.

Ada banyak sekali pekerjaan freelance yang dapat anda lakukan untuk menghasilkan dana kuliah, di antaranya, menjadi barista di kafe, menjadi tour guide atau penerjemah bagi para turis, bahkan anda dapat memanfaatkan internet untuk mendapatkan pekerjaan yang dapat dilakukan secara online. Selain mudah dan menyenangkan, pekerjaan jenis ini juga akan memberi anda kesempatan untuk mendapatkan uang dan memiliki banyak teman.


4. Berbisnis online

Canggihnya teknologi dan cepatnya akses informasi melalui internet juga dapat Anda jadikan kesempatan untuk mendapatkan uang. Cobalah untuk memulai sebuah bisnis online yang dapat anda jalankan dari rumah dan tidak menyita banyak waktu namun memberi keuntungan yang lumayan besar.

5. Sekolah dengan ikatan dinas

Saat ini ada banyak sekolah yang memberikan pendidikan gratis dan melakukan kontrak ikatan dinas dengan para mahasiswanya. Anda akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus saat memilih untuk mengikuti perkuliahan seperti ini, yaitu, bebas uang kuliah dan kesempatan untuk langsung bekerja saat telah lulus nantinya.


Kurangnya biaya bukan alasan untuk tidak mengenyam pendidikan

Pendidikan adalah salah satu faktor kesuksesan manusia di masa depan. Berpikirlah positif dan selalu miliki rasa percaya diri dan selalu ingin maju di dalam diri Anda. Jangan jadikan alasan biaya menjadi penghalang bagi Anda untuk melanjutkan kuliah dan meraih gelar yang telah lama diidam-idamkan.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya