KSEI Ingin Contek Taiwan Soal Jaring Jutaan Investor

Mou KSEI
Sumber :
  • VIVA.co.id/Romys Binekasri
VIVA.co.id
Cari Pemain Saham Baru, BEI Gandeng Indosat dan Trimegah
- PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) resmi menjalin kerja sama dengan Taiwan Depository and Clearing Corporation (TDCC) melalui penandatanganan
memorandum of understanding
IHSG Berusaha Bertahan di Atas 5.400, Pilih Empat Saham Ini
(MoU) untuk bertukar informasi dalam pengembangan pasar modal dalam negeri.

Sindiran Menkeu Sri ke Wajib Pajak di BEI
"Penandatangan MoU ini merupakan bentuk kerja sama antara KSEI dan TDCC sebagai CSD (central securities depository) di kawasan Asia Pasifik untuk meningkatkan kemajuan pasar modal di negara masing-masing," ujar Direktur Utama KSEI, Margaret Tang, di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin, 11 Januari 2016.

Margaret mengungkapkan, melalui MoU ini pihaknya dapat bertukar pengetahuan mengenai strategi bagaimana menjaring investor sebanyak-banyaknya, mengingat struktur rekening di pasar modal Taiwan serupa dengan Indonesia, yakni rekening telah dibukukan atas nama masing-masing investor.

"Akunnya mirip-mirip kita. Mereka, yang namanya investor lewat broker itu ada. Investor ritel mereka 9 juta investor. Model akun rekening mirip sama KSEI," tuturnya.

Menurut Margaret, perbandingan jumlah investor Taiwan jika dibandingkan dengan investor Indonesia yang berjumlah sekitar 400 ribu investor masih sangat jauh. Banyak hal yang perlu dipelajari untuk dapat merealisasikan kemajuan pasar modal Tanah Air.

"Bagaimana sih bisa investor sebanyak itu? Kita masih 400 ribuan. Kita harus pelajari dari mereka. Perlu kita lihat dari produknya, cara marketingnya, atau apa," ucapnya.

Di samping itu, Margaret mengungkapkan, kerja sama dengan TDCC tersebut, melengkapi hubungan bilateral yang sebelumnya telah dijalin KSEI dengan Korea Securities Depository (KSD), Japan Securities Depository Center Inc. (JASDEC), Thailand Securities Depository Co. Ltd (TSD), Central Securities Depository of Iran (CSDI), dan The Central Depository (Pte) Limited dan Singapura. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya