Taipan China Beli Studio Film di Hollywood Miliaran Dolar

Chairman of Dalian Wanda Group, Wang Jianlin.
Sumber :
  • REUTERS/JASON LEE
VIVA.co.id
Kirsten Dunst dan Kekasih Putus Cinta
- Konglomerasi asal China Dalian Wanda Grup resmi membeli studio film Hollywood Legendary Entertaiment seharga US$3,5 miliar. Pembelian ini mengubah posisi bos besar Wanda menjadi pengusaha terkaya dari China di putaran bisnis perfilman di tempat itu. 

Cameron Diaz Puji Suami
Dilansir dari Reuters, Selasa 12 Januari 2016, Wanda mengkonfirmasi pembelian tersebut melalui konferensi pers di Beijing, Selasa waktu setempat. Dimana, pemimpin konglomerasi itu, Wang Jianlin mengatakan, berencana untuk memproduksi film seperti Jurassic World di China. Kemungkinan perusahaan tersebut juga akan melakukan penawaran umum perdana. 

Wujudkan Program 10.000 Bioskop, RI Butuh Investasi Asing
Wanda saat ini sudah menjadi operator bioskop terbesar di dunia, setelah membeli AMC entertaiment Holding Inc, rantai bioskop kedua di Amerika Utara senilai US$2,6 miliar pada 2012. Selain itu Wanda line Cinema Corp di China, terdaftar sebagai operator teater terbesar di negara tersebut. 

Berdasarkan kesepakatan yang diumumkan pada Selasa, Wanda mengatakan akan membeli saham mayoritas yang tidak ditentukan di Legendary. Sebagai bagian dari transaksi, pendiri dan Chief Executive Officer Thomas Tull akan terus menjadi pemimpin di studio tersebut.

Sebagai informasi, Legendary Studio didirikan pada tahun 2000, dan telah membuat beberapa hits seperti The Dark Knight, Man of Steel, serta The Hangover.

Legendary umumnya menyediakan setengah pendanaan untuk film yang diproduksinya dengan maksimal  anggarannya yang disiapkan hingga $200 juta atau lebih. Kesepakatan ini juga merupakan perjanjian dengan perusahaan film terbesar dan paling berpengaruh di perusahaan Cina.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya