Microsoft: Selamat Tinggal Internet Explorer dan Windows 8

Microsoft Windows.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Microsoft mengumumkan secara resmi megakhiri dukungannya pada browser mereka, Internet Explorer. Selain mengakhiri dukungan terhadap versi lama browser mereka, perusahan piranti lunak asal Amerika Serikat ini juga mengakhiri dukungannya terhadap sistem operasi Windows 8.

Microsoft mengatakan masih mendukung Internet Explorer pada versi teranyar, yaitu Internet Explorer 11. Pengumuman itu disampaikan kemarin melalui website perusahaan.

"Mulai 12 Januari 2016, hanya versi teranyar Internet Explrorer yang tersedia untuk dukungan sistem operasi, akan menerima dukungan teknik dan pembaharuan keamanan," jelas Microsoft, seperti dikutip Indian Express, Rabu 13 Januari 2016.

Diketahui Internet Explorer 11 merupakan versi terakhir dari Internet Explorer yang akan menerima pembaharuan dan dukungan pada platform berbasis Windows 7, Windows 8.1 dan Windows 10.

Dengan pengumuman tersebut, berarti Internet Explorer 8, 9 dan 10 dan yang lebih tua dari itu tidak bisa mendapatkan pembaharuan teknik dari Microsoft.

Selain itu, Microsoft juga mengumumkan mengakhiri dukungan teknik pada Windows 8. Pengguna bakal diminta untuk memperbaharui ke Windows 8.1 atau Windows 10 untuk bisa mendapatkan pembaharian sistem operasi tersebut.

Microsoft mengingatkan kepada pengguna setianya untuk memperbaharui kepada sistem operasi dan Internet Explrorer terbaru agar terhindar dari serangan program komputer berbahaya di komputer.

Microsoft menuliskan pembaharuan keamanan diperlukan untuk menambal celah dan kerentanan keamanan yang potensial dihasilkan oleh program berbahaya di komputer.

"Pembaharuan keamanan juga membantu pengguna dan data mereka aman. Pembaharuan keamanan reguler membantu melindungi komputer dari serangan berbahaya, jadi perbaharuilah dan tetap pada versi teranyar adalah penting," tulis Microsoft. 

Microsoft mengatakan semua pengguna yang masih menggunakan Internet Explorer tua akan dikirimi pesan notifikasi dan himbauan untuk memperbaharui browser mereka.

Tapi kemungkinan kalangan pebisnis kecil (UKM) masih akan setia dengan browser Internet Explorer lama mereka.

Dikutip dari eWeek, John Swanciger, Chief Executive Officer (CEO) Manta, mengatakan masih banyak pelaku UKM yang tak peduli dengan penghentikan dukungan Microsoft terhadap Internet Explorer versi tua.

Padahal menurut analisis trafik pada website Manta, setidaknya saat ini 34 persen pemilik UKM masih menggunakan Internet Explorer. Sementara 61 persen masih menggunakan versi 10 atau versi yang lebih tua.

Manta menyoroti, kalangan UKM tidak mudah untuk memperbaharui ke versi 11 seperti pada pengguna personal. Alasannya, proses pembaharuan itu butuh waktu, tenaga dan biaya. Makanya bagi mereka masih setia dengan versi yang lama.

Terkait dengan hal tersebut, Swanciger mengingatkan pelaku UKM agar segera pengikuti arahan Microsoft. Sebab jika tidak, bisnis mereka rawan jadi sasaran program berbahaya.

"Tanpa pembaharuan dan dukungan keamanan yang diperlukan, usaha kecil adalah subjek serangan siber berbahaya berbahaya yang mengancam informasi bisnis penting dan data," kata Swanciger. (ren)

Lumia Kini Bisa Upgrade ke Windows 10
Microsoft

Microsoft PHK Lagi Ribuan Karyawan, Ada Apa?

Karyawan di-PHK, termasuk divisi hardware ponsel.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2016