Lima Hal yang Pantang Dibiayai dengan Utang

Tren Dekorasi Pernikahan di Bali
Sumber :
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Memiliki keinginan untuk membeli barang atau membiayai sesuatu secara tunai di saat kondisi keuangan tidak memadai dan jauh dari kata cukup dapat membuat Anda berpikir untuk segera meminjam sejumlah uang. 

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
Biasanya orang akan memikirkan beberapa tempat untuk mendapatkan dana tersebut, seperti mengajukan pinjaman atau kartu kredit ke bank, meminjam sejumlah uang kepada keluarga atau teman, atau menarik pinjaman kepada lembaga pembiayaan.

Manfaat dan Risiko Investasi Obligasi
Pada dasarnya kebanyakan orang akan lebih memilih untuk mengajukan pinjaman ke bank atau lembaga pembiayaan karena adanya rasa sungkan atau perasaan tidak nyaman saat meminjam uang kepada keluarga atau teman. 

Meminjam atau berutang ke bank tentu saja akan membuat Anda dikenai sejumlah biaya administrasi, bunga, bahkan biaya penalti bila suatu saat Anda melakukan pelunasan lebih awal dari kesepakan.

Daripada memikirkan sumber pinjaman dan cara melunasinya kelak, ada baiknya memikirkan kembali dan mempertimbangkan kebutuhan Anda dengan seksama. Hindari untuk berhutang dengan alasan lima poin di bawah ini:

1. Biaya pendidikan

Bila Anda berpikir untuk melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah atau melanjutkan untuk meraih gelar tertentu ke jenjang yang lebih tinggi lagi sementara Anda kesulitan biaya, ada baiknya Anda kembali berpikir sebelum mengambil inisiatif untuk berutang.

Melanjutkan kuliah dengan berutang akan membuat Anda kesulitan dalam melakukan pembayaran dana pinjaman tersebut, karena akan dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk Anda menyelesaikan kuliah untuk kemudian bekerja dan memiliki kemampuan untuk melunasi utang pinjaman Anda di hari yang akan datang.


Ada baiknya Anda menunda sementara rencana kuliah tersebut hingga Anda memiliki dana yang cukup untuk membayarnya. Anda juga dapat memilih beberapa alternatif di bawah ini sebagai solusi:

• Mencari kampus yang memberikan beasiswa bagi mahasiswanya.
• Melanjutkan kuliah sambil bekerja sehingga Anda dapat membiayai kuliah Anda.
• Menunda kuliah dan bekerja full time sehingga Anda dapat menabung biaya kuliah.

2. Biaya pernikahan

Banyak calon pengantin yang memilih memaksakan diri untuk mengajukan sejumlah pinjaman demi menggelar sebuah resepsi pernikahan yang mewah dan megah. Jangan pernah melakukan hal tersebut karena Anda akan sangat menyesalinya dan harus bersusah payah untuk melunasi biaya pernikahan tersebut dalam waktu yang cukup lama.

Anda tetap dapat melangsungkan pesta pernikahan yang sederhana namun elegan dengan cara menekan biaya dan pengeluaran yang tidak terlalu penting. Hal ini akan lebih baik daripada Anda menggelar acara nan mewah untuk sebuah pesta pernikahan selama beberapa jam, dan Anda akan menghabiskan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk melunasi berbagai macam utang.


3. Biaya rumah sakit

Setiap orang pasti tidak ingin masuk dan mendapatkan perawatan di rumah sakit. Namun ada banyak hal yang dapat membuat kita mendapatkan perawatan, salah satunya adalah kecelakaan. Karena itu, penting bagi Anda untuk memiliki asuransi kesehatan sebagai bentuk antisipasi. Hal ini akan membuat Anda terproteksi dari sejumlah tagihan rumah sakit saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Bayangkan bagaimana repotnya Anda bila suatu hari harus mendapatkan perawatan dan harus menanggung sejumlah utang tagihan rumah sakit karena tidak memiliki dana cadangan maupun asuransi kesehatan sebagai bentuk perlindungan.

4. Biaya liburan

Jangan pernah membuat sejumlah hutang hanya untuk membayar biaya jalan-jalan ataupun liburan ke tempat-tempat yang jauh. Hal ini akan membuat Anda pusing dan bingung saat harus berhadapan dengan berbagai tagihan sepulang liburan.

Jalan-jalan bukanlah sesuatu yang harus dipaksakan, selalu sesuaikan kemampuan dengan gaya hidup Anda. Anda tetap dapat melakukan liburan dengan cara memilih tempat-tempat yang dekat dan tidak menghabiskan banyak biaya.


5. Biaya membeli rumah dan kendaraan

Membeli rumah atau kendaraan dengan cara berutang akan membuat Anda mendapatkan banyak kemudahan, mengingat dana yang dibutuhkan akan sangat besar dan tentu saja Anda akan sangat terbantu saat melakukannya dengan cara mencicil. 

Namun, selalu ingat bahwa Anda akan dikenakan sejumlah bunga yang bila dijumlahkan secara total akan membuat Anda kaget karena pada umumnya bisa mencapai lebih dari seperempat jumlah pinjaman Anda, sangat besar bukan?


Jangan sampai utang mengganggu hidup Anda

Sebenarnya, sah-sah saja Anda mengambil utang ketika untuk memenuhi kebutuhan. Tapi, yang mesti diingat adalah ada beberapa hal yang akan menyulitkan Anda. Terutama bunga, dan biaya-biaya yang sering dipungut oleh bank atau lembaga keuangan. Bila tidak siap dengan hal tersebut, sebaiknya jangan ambil pinjaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya