LIPI Temukan Dua Tanaman Begonia Baru

Tanaman baru, Begonia olivacea ardi
Sumber :
  • LIPI/Wisnu H. Ardi

VIVA.co.id - Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menemukan dua tanaman baru di Taman Nasional Gunung Leuser, Sumatera Utara. Dua jenis flora yang sebelumnya belum pernah ada itu adalah tanaman Begonia olivacea ardi dan Begonia simolapensis ardi.

Demi Potensi Pulau Perbatasan, LIPI Kerahkan 23 Peneliti

“Dua flora jenis baru tersebut tumbuh berkelompok dan berdekatan dengan bebatuan karst,” jelas Wisnu H. Ardi, Peneliti Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya LIPI dalam keterangan tertulis, Jumat 15 Januari 2016.

Wisnu mengatakan penemuan jenis baru ini adalah hasil kerja sama eksplorasi antara Royal Botanic Gardens Edinburgh, Inggris dengan PKT Kebun Raya Bogor sejak 2011.

“Salah satu tujuan kerja sama eksplorasi ini adalah untuk menyingkap keunikan tanaman yang ada di Taman Nasional Gunung Leuser,” kata dia.

Begonia olivacea memiliki ciri morfologi dengan perawakannya yang kecil, bunga betina memiliki dua tenda bunga, dan berambut jarang pada tangkai daun. Selain itu, daun yang dimiliki oleh tanaman ini berwarna hijau kusam, bentuk daun membuat agak asimetris serta permukaan daunnya rata.

Unik, Serangga 'Naga' Ini Bernama Karakter Game of Thrones

“Karakter morfologi yang dimiliki Begonia olivacea sangat unik dan berbeda dengan spesies terdekatnya, yaitu Begonia nurii irmsch dari Klantan, Malaysia dan Begonia droopiae ardi dari Sumatera Barat,” ungkapnya.

Wisnu menjelaskan, jenis Begonia simolapensis memang memiliki kemiripan dengan Begonia olivacea. 

“Perbedaan yang mencolok dari kedua jenis ini, yakni perawakan dan ukuran daunnya yang lebih besar, warna daun hijau mengkilat serta tangkai daun yang lebih panjang dan berambut lebat,” jelasnya. 

Go Industri, LIPI Berguru ke Australia

Flora jenis ini tumbuh di bebatuan karst pada ketinggian 250-600 meter di atas pernukaan laut, yang berada tersebar di Provinsi Sumatera Utara dan Nangroe Aceh Darussalam.

Kedua tanamanya ini memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi tanaman hias. Menurut The International Union for Conservation of Nature (IUCN), mereka masuk dalam status konservasi kategori resiko rendah (Least Concern).

“Status tanaman Begonia olivacea ardi dan Begonia simolapensis ardi tidak termasuk jenis tanaman yang terancam punah atau mendekati kepunahan,” ungkapnya.

Sebelumnya, tim peneliti sebenarnya juga telah menemukan 13 jenis tanaman Begonia lainnya dari berbagai provinsi di Indonesia. Penemuan tersebut dan  jenis baru Begonia ini telah dipublikasikan dalam bentuk makalah dan diterbitkan di European Journal of Taxonomy pada Desember 2015.

Penelitian ini melibatkan peneliti Deden Girmansyah (Peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI) dan Mark Hudges (Royal Botanic Gardens Edinburg).

“Kolaborasi penelitian perlu dilakukan agar dapat menjadi pembelajaran dan sharing knowledge bagaimana menjaga keindahan flora dan fauna di masa depan,” kata dia.

Begonia simolapensis ardi:

Tanaman baru, Begonia simolapensis ardi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya