Jokowi Saksikan Penandatanganan 12 Proyek Senilai Rp2,071 T

Jokowi tinjau terowongan MRT
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Sebagian Pelabuhan di Indonesia Akan Diswastanisasi
- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaksanakan penandatanganan kontrak 12 paket kegiatan strategis Tahun Anggaran 2016 senilai  Rp2,071 triliun dari total 273 paket kegiatan senilai Rp14,242 triliun. 

Presiden Jokowi Santai UU Amnesty Digugat
Presiden RI Joko Widodo turut menyaksikan penandatanganan kontrak kegiatan strategis tersebut, yang dilakukan oleh para pejabat pembuat komitmen satuan kerja/unit pelayanan teknis Kemenhub dengan pihak kontraktor penyedia barang/jasa.

Terminal 3 Beres, Terminal 1 dan 2 Soeta Segera Direnovasi
Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut adalah salah satu langkah‎ agar dapat mendorong penyerapan tahun lebih baik dari tahun 2015 yang mana hanya terserap 76 persen. 

"Capaian 2015 ini hanya 76 persen saja, memang tidak banyak," ujar Jonan di Kantor Kemenhub, Sehin 18 Januari 2016.

Ia menjelaskan, penandatanganan kegiatan strategis ini dimaksudkan juga untuk mendorong‎ percepatan pelaksanaan pembangunan yang bersifat strategis dan prioritas nasional. 

Diuraikan, ke 12 kegiatan strategis yang dilakukan kontrak tersebut terdiri dari dua kegiatan di subsektor perghubungan darat, empat kegiatan di subsektor perhubungan laut, tiga kegiatan di subsektor perhubungan udara, dua kegiatan di subsektor perkeretaapian dan satu kegiatan di pengembangan sumber daya manusia perhubungan, 

Inilah 12 proyek tersebut: 

1. Pengadaan dan pemasangan perlengkapan jalan segmen R.53.008 pada satuan kerja Perhubungan Darat Provinsi Sulawesi Barat di Mamuju, dengan kontraktor PT. Buana Energy Prima.

2. Subsidi operasional angkutan jalan pada satuan kerja Perhubungan Darat Provinsi Lampung dengan kontraktor Perum Damri cabang Bandar Lampung.

3. Subsidi  Angkutan Laut Perintis/ lima trayek kontrak subsidi perintis/Penugasan dengan rincian trayek:
   
A. Ambon – Geser- P.Manawoka/Amarasikaru - Gorom/Ondor – Kesui – Tior – Kaimer -P.Kur - P.Toyando – Tual – Dobo – Tual – Banda – Amahai - Ambon di Ambon, Maluku dengan kontraktor PT. Pelni (Persero).

B. Ambon – Tual – Elat – Molu – Larat – Rumean – Tutukembong – Saumlaki – Adaut –Seira - Dawera/Dawelor – Kroing – Marsela – Saumlaki – Tutukembong – Rumean – Larat – Molu – Elat – Tual - Ambon di Ambon, Maluku dengan kontraktor PT. PELNI (Persero).

C. Ambon – Amahai – Serua – Nila – Teon – Bebar – Wulur – Tepa - Lelang/Mahaleta – Luang – Lakor – Moa – Leti – Wonreli - Kisar – Arwala/Sutilarang – Ilwaki – Upisera - Kupang di Ambon, Maluku dengan kontraktor PT. Pelni (Persero).
 
D. Ambon – Werinama/Bemo – Kelmuri – Geser – Gorom/Ondor – FakFAk – Bula – Kobisadar – Wahai – Fafanlaf – Waigama/Misol - Sorong di Ambon, Maluku dengan kontraktor PT. Pelni (Persero).

E. Ambon – Bebar – Wulur – Romang – Kisar – Leti – Moa – Lakor – Luang/P.Tamta – Lelang/Elo – Tepa – Lewa/Dai – Dawera/Dawelor – Kroing –Marsela - Saumlaki di Ambon, Maluku dengan kontraktor PT. Pelni (Persero).

4. Subsidi Angkutan Ternak Kupang – Bima – Tg. Perak – Tg. Emas – Cirebon di Kupang, NTT dengan kontraktor PT. Pelni (Persero).

5. Subsidi angkutan laut dalam rangka penyelenggaran tol laut dengan trayek:

A. Tg. Perak – Wanci – Namle – FakFak – kaimana – Timika di Surabaya, Jawa Timur dengan kontraktor PT. Pelni (Persero).

B. Tg. Perak – Larantuka – Lewolebo – Rote – Sabu – Waingapu di Surabaya, Jawa Timur dengan kontraktor PT. Pelni (Persero).
 
C. Tg. Priok – Tarempa – Natuna di Jakarta dengan kontraktor PT. Pelni (Persero).

6. Repowering KN. Merak, Kantor Distrik Navigasi Kelas I Bitung di Bitung, Sulawesi Utara dengan kontraktor PT. Putindotrada Wisesa.

7. Konstruksi perpanjangan landas pacu dari 2.060 m x 45 m menjadi 2.500 x 45m pada Bandara Domine Eduard Osok Sorong di Sorong, Papua Barat dengan kontraktor PT. Akam.

8. Perluasan gedung terminal Bandara Raden Inten Lampung di Lampung  dengan kontraktor PT. Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk.
 
9. Pekerjaan Pelapisan Runway, Taxiway, dan Apron bandara Syukuran Aminuddin Amir di Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah dengan kontraktor PT. Pelita Shakti.

10. Pembangunan jalan kereta api di kilometer 236.000 s/d Km 237.000 sepanjang 3.000 m.sp emplasment Dumai pada Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera Bagian Utara di Sumatera Utara dengan kontraktor PT. Tiga Putra Mandiri Jaya.

11.  Perawatan dan Pengoperasian Prasarana Perkeretaapian Milik Negara (IMO) di Sumatera – Jawa  dengan  kontraktor PT. KAI (Persero).

12. Pembangunan gedung kelas Charlie Kampus Baru ATKP Makassar di Makassar, Sulawesi Selatan dengan dengan kontraktor PT. Boriandy Putra.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya