Jokowi Minta Biaya Logistik Turun, Jonan: Prosesnya Panjang

Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu
VIVA.co.id
Indonesia Akan Bangun Pusat Logistik Halal
- Presiden Jokowi meminta pemerintah, khususnya Kementerian Perhubungan, untuk menurunkan biaya logistik. ‎Hal ini, tentunya untuk meningkatkan daya saing Indonesia di kancah internasional. Terlebih, Indonesia saat ini, memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Jadi Menhub, Budi Akan Tetap Minta Petunjuk Jonan

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menanggapi arahan tersebut. Menurutnya, untuk menurunkan biaya logistik memerlukan ‎proses yang panjang dan harus melibatkan banyak pemangku kepentingan (
Ini Bisik-bisik Jonan ke Menhub Baru
stakeholders ), tidak hanya  Kementerian Perhubungan saja.


"Biaya logistik itu kan proses panjang, karena menyangkut banyak
stakeholders
, itu lebih banyak dioperator. Pemerintah akan memfasilitasi saja, jadi kalau targetnya perhubungan, tidak bisa target sendiri, gitu loh, targetnya banyak," ujar Jonan di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin 18 Januari 2016.


Kendati demikian, Jonan mengatakan, pihaknya akan melakukan upaya penurunan biaya logistik, agar Indonesia dapat bersaing. 


"Pertama adalah mempercepat perizinan, artinya dipercepat, dihapus, atau disederhanakan. Kedua, misalnya terminal, atau pelabuhan itu harus kompetitif. Ketigam kemacetan jalan raya harus ‎berkurang, ya macem-macem (upayanya)," kata Jonan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya