Tahun Ini akan Dibangun 15 Bandara Baru

rencana pembangunan bandara lebak
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membangun dan mengembangkan 15 bandara baru pada tahun 2016‎.

Sebagian Pelabuhan di Indonesia Akan Diswastanisasi

Seluruh pembangunan bandara baru di seluruh Indonesia ini, juga diiringi dengan perpanjangan landasan pacu (runway) di 27 lokasi dan rehabilitasi terminal penumpang bandara di 13 lokasi.

‎Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub, JA Barata, mengatakan alokasi anggaran untuk membangun 15 bandara itu sebesar Rp5,836 triliun yaitu untuk pembangunan, rehabilitasi, dan pemeliharaan prasarana bandar udara pada tahun anggaran 2016.
Terminal 3 Beres, Terminal 1 dan 2 Soeta Segera Direnovasi

"Pembangunan dan pengembangan infrastruktur transportasi udara ini banyak dilakukan di wilayah terluar dan perbatasan Indonesia," ujar JA Barata kepada VIVA.co.id, Jakarta, Senin 18 Januari 2016
Menhub Klaim Terminal 3 Bisa Saingi Bandara Tercanggih

‎Ia menjelaskan, pembangunan tersebut akan dilakukan seperti di Kepulauan Anambas, Provinsi Riau, lalu Pulau Miangas, Sulawesi Utara, yang terletak di perbatasan Indonesia dan Filipina. 

"Kemudian di daerah timur Indonesia, seperti Maluku, dan Papua tak luput menjadi sasaran pembangunan," kata Barata. 

Ia menyatakan bahwa hal ini sesuai dengan komitmen Kemenhub untuk mewujudkan Nawa Cita yang digagas oleh Presiden Jokowi yaitu pemerataan pembangunan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan memperkuat daerah-daerah dalam kerangka negara kesatuan.

Ditambahkannya, pembangunan tersebut tidak hanya terfokus di wilayah Jawa, namun merata ke pulau-pulau lain yang berada di tanah air.  "Dengan kata lain, bukan Jawasentris, tapi sudah Indonesia sentris," tuturnya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya