Daftar 15 Daerah yang Bakal Punya Bandara Baru Tahun ini

Peningkatan kapasitas transportasi udara 2016.
Sumber :
  • Kementerian Perhubungan
VIVA.co.id
Sebagian Pelabuhan di Indonesia Akan Diswastanisasi
- Kementerian Perhubungan akan membangun 15 bandara baru, perpanjangan landasan pacu (runway) di 27 lokasi, dan rehabilitasi terminal penumpang bandara di 13 bandara di Indonesia pada tahun ini. 

Terminal 3 Beres, Terminal 1 dan 2 Soeta Segera Direnovasi
‎Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub, JA Barata, mengatakan alokasi anggaran untuk peningkatan pelayanan bandara itu sebesar Rp5,836 triliun.

Menhub Klaim Terminal 3 Bisa Saingi Bandara Tercanggih
Dia mengungkapkan, hal ini sesuai dengan komitmen Kemenhub untuk mewujudkan Nawa Cita yang digagas oleh Presiden Joko Widodo yaitu, pemerataan pembangunan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan memperkuat daerah-daerah dalam kerangka negara kesatuan.

Ditambahkannya, pembangunan tersebut tidak hanya terfokus di wilayah Jawa, namun merata ke pulau-pulau lain yang berada di Tanah Air.

Sebanyak 15 bandara baru yang akan dibangun itu yakni, di kepulauan Anambas, Tambelan, Tebelian, Enggano, Miangas, Morowali, Buntu Kunik, Kufar, Namniwel, Pantar, Moa, Segun, Sinak, Koroway, dan Manggelum. 

Bandara yang terminalnya direhabilitasi yaitu, Bandara Cut Nyak Dien, Kerinci, Muara Bungo, Syamsir Alam, SM Kaharuddin, SM Salahudin, Maumere, Naha, Melongguane, Larat, Kebar, Senggeh dan Kapim. 

Sedangkan, perpanjangan runway dilakukan di Bandara Binaka, Anambas, Lampung, Hanandjoeddin, Pangkalan Bun, Siantang, Melak, Tanjung Harapan, Sumenep, Malang, Morowali, Kolaka, dan Wanopito. Kemudian Larantuka, Kuabang, Marinda, Sorong, Ayawasi, Serui, Moa, Saumlaki, Tual, Dobo, Bomakia, Mindiptana, Komaam dan Okaba. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya