Mengintip Lima Perpustakaan Terindah Dunia

Perpustakaan Klementium, Praha, Republik Ceko
Sumber :
  • Ist/Bookwilde
VIVA.co.id
Unik, Jembatan Rel Kereta Ini Hanya Ada di Australia
- Ungkapan 'buku adalah jendela dunia' memang benar adanya. Halaman demi halaman sebuah buku, bisa memberi wawasan dan pengetahuan bagi setiap pembaacanya. Tak sedikit pula, orang yang gemar pergi ke perpustakaan untuk membaca buku.

Daftar Tempat Wisata Unik di Bali
Koleksi buku yang lengkap, ditambah fasilitas nyaman, membuat siapa pun semakin betah berlama-lama dan tenggelam dalam bacaan mereka.

Ribuan Buku di Perpustakaan Kota Malang Raib
Nah, bagi Anda para bookworms, atau penggila buku, berikut ini adalah lima perpustakaan terindah di dunia yang wajib Anda kunjungi, seperti dilansir dari Amusing Planet.

Perpustakaan Umum Stockholm

Berlokasi di Swedia, perpustakaan ini dirancang seorang arsitek bernama Gunnar Asplund. Karya Asplund lainnya yang juga sangat terkenal, yaitu bisokop Skandia dan pemakaman Woodland yang terdaftar sebagai warisan dunia UNESCO.

Perpustakaan ini memiliki aula utama berbentuk bundar. Bagian atapnya sengaja dirancang khusus menyerupai tekstur awan. Keunikan lainnya adalah koleksi buku berbahasa Nordic yang lengkap.

Perpustakaan Strahov Monastery

Yang satu ini terletak di Republik Ceko, dan mulai dibangun pada 1143 silam. Perang, kebakaran, dan bencana alam lainnya sempat membuat pembangunan perpustakaan tertunda. Namun, pembangunan dilanjutkan pada 1679.

Fitur yang paling dikenal di perpustakaan ini adalah konstruksi langit-langit yang megah, dengan lukisan dinding yang menggambarkan isi alkitab.

Perpustakaan Pusat Richard J. Riordan.

Perpustaaan ini merupakan milik masyarakat Los Angeles, California, dan menjadi salah satu bangunan paling penting di pusat kota Amerika Serikat. Rancangan bagian luarnya bertema art deco. Sedangkan bagian dalam bangunan adalah rotunda elegan, dengan  lampu-lampu perunggu yang tergantung di tengah.

Perpustakaan dan Rumah Budaya Vannesla.

Terletak di ujung selatan Norwegia, perpustakaan ini tak sekedar memiliki koleksi buku yang lengkap, namun juga merangkap sebagai pusat budaya dan tempat pertemuan di kota Vannesla.

Deretan fasilitas modern juga tersedia, mulai dari kedai kopi, ruang pertemuan terbuka, ruang kelas untuk kursus pendidikan orang dewasa hingga bioskop.

Perpustakaan Adelaide

Dari bagian luar, bangunan perpustakaan terlihat seperti kotak kaca ultra modern, tetapi bagian dalamnya tampak seperti desain perpustakaan yang ada di film Harry Potter.

Perpustakaan ini banyak menyimpan koleksi berisi sejarah Australia. Mereka juga menggunakan akun jejaring sosial Flickr, di mana orang dapat mengirimkan gambar-gambar bertema kehidupan di Australia, dari seluruh penjuru negeri. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya