Bangun Dini Hari Pekan Ini, Bisa Lihat Lima Planet Sekaligus

Penampakan lima planet sebelum terbit fajar
Sumber :
  • www.earthsky.com

VIVA.co.id - Bagi Anda yang rajin bangun tidur, atau sedang begadang sampai sebelum terbit matahari, bisa menyempatkan untuk melihat penampakan langka di langit.

Peneliti: Semua Daerah Bisa Lihat Planet di Atas Kepala

Sebab, sepanjang pekan ini, langit sebelum terbit fajar, akan menampakkan lima planet sekaligus.

Lima planet itu yaitu Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus akan tampak di langit dalam waktu yang bersamaan.

Penampakan lima planet ini dalam waktu bersamaan tergolong langka, sebab terakhir kali terjadi pada Januari 2005, alias 11 tahun lalu.

Dikutip dari Daily Mail, Selasa 19 Januari 2016, untuk melihat penampakan itu, Anda hanya perlu melihat di sekitar posisi bulan dan cakrawala dini hari tersebut.

Menariknya, untuk menyaksikan penampakan langka itu tak perlu menggunakan teleskop. Hanya dengan mata telanjang, Anda bisa menyaksikannya.

Jika melihat ke atas, mulai dari sisi kiri ke kanan dalam garis diagonal, Anda akan melihat secara berurutan Merkurius, Venus, Saturnus, Mars, dan Jupiter. Dua planet lain, yaitu Uranus dan Neptunus tidak akan tampak dalam momen ini. Di antara lima planet itu, terdapat penampakan bintang Antare dan Spica.

Disebutkan dari berbagai wilayah di belahan dunia, Jupiter akan menjadi planet pertama yang akan muncul pada malam hari di bagian sisi timur. Selanjutnya, giliran Mars, Saturnus, Venus, dan Merkurius yang akan terbit sepanjang malam sampai dini hari.

Merkurius akan berada dalam posisi rendah di langit dini hari pada sisi timur tenggara. Posisi Merkurius itu diperkirakan delapan derajat lebih rendah pada sisi kiri Venus.

Jika cuaca pada jelang terbit fajar tersebut kurang bagus, jangan kecewa. Sebab, lima planet itu bakal terlihat terus setiap hari sebelum fajar sampai 20 Februari nanti.

"Kami mengharapkan, orang dari belahan bumi utara dan selatan bisa melihat Merkurius dengan relatif lebih mudah sekitar 25 Januari," tulis laman EarthSky.org.

Laman ini menuliskan penampakan terbaik Merkurius bisa disaksikan pada langit subuh hari dalam beberapa pekan ke depan, khususnya pada 7 Februari 2016.

"Pada lintang sedang di belahan bumi selatan, Merkurius akan terbit sekitar dua jam, atau 120 menit sebelum matahari terbit," tulis laman tersebut. (asp)

Penjelasan Ilmiah atas Misteri Danau 'Merah Darah' di Iran
Fenomena Supermoon 2015 di Berbagai Belahan Dunia

Supermoon Langka Muncul 15 November Dini Hari

Akan muncul lagi 2034 nanti.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016