Ini Strategi Regulator Dorong Jumlah Investor Pasar Modal

Suasana Bursa Efek Indonesia (BEI).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) sebagai salah satu organisasi regulator mandiri akan terus berupaya meningkatkan jumlah investor, mengingat target dari otoritas Bursa Efek Indonesia (BEI) mengenai penambahan satu juta investor.

Direktur KSEI, Alec Syafruddin, menyampaikan, jumlah investor saham per 30 Desember 2015, mengalami kenaikkan sebesar 19 persen menjadi 434.107 dari 364.465 investor per akhir Desember 2014.

IHSG Berusaha Bertahan di Atas 5.400, Pilih Empat Saham Ini

Ini merupakan kenaikan tertinggi sejak kewajiban penerapan kepemilikan Single Investor Identification (SID) diterapkan di pasar modal Indonesia pada 2012.

"Kami akan terus berupaya untuk menambah jumlah investor pasar modal pada tahun ini. Apalagi, BEI punya target terkait penambahan satu juta investor," ujarnya di Jakarta, Selasa 19 Januari 2016.

Dalam mewujudkan penambahan jumlah investor tersebut, pihaknya telah menyiapkan strategi. Di antaranya, program pembukaan rekening bekerja sama dengan perusahaan, maupun universitas. Program ini akan tetap dilakukan pada tahun ini dan mendatang.

"Sosialisasi Fasilitas AKSes juga akan kembali diselenggarakan," tuturnya.

Sebagai informasi, baru–baru ini KSEI melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Taiwan Depository and Clearing Corporation (TDCC), yang merupakan lembaga kliring dan kustodian dari Taiwan.

"Penandatanganan MoU ini merupakan bentuk kerja sama antara KSEI dan TDCC sebagai securities depository (lembaga penyimpanan) di kawasan Asia Pasifik, untuk meningkatkan kemajuan pasar modal di negara masing-masing. Kerja sama bilateral ini sebagai upaya untuk menjadi lembaga pusat securities depository, yang dapat bersaing secara global. Serta, kerja sama dalam bentuk lain sesuai kesepakatan," ujarnya. (asp)

Seorang karyawan BEI mengamati layar indek saham di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Cari Pemain Saham Baru, BEI Gandeng Indosat dan Trimegah

Jumlah investor baru satu persen dari total jumlah penduduk indonesia.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016